1 Desember 2021

Senator DPD RI: Muhammad Nuh Hadiri FGD Tentang Polemik SKB 3 Menteri.

Rentaknews.com. Medan. Polemik Surat Keputusan Bersama 3 menteri ( Mendikbud, Mendagri dan Menteri agama) dalam soal seragam di sekolah negeri menjadi perbincangan hangat ditengah masyarakat.

Hal ini juga mencuat dalam Fokus Grup Diskusi (FGD) yang di inissiasi oleh Muhammad Nuh, MSP, Senator DPD RI yang mewakili Sumatera Utara. Hadir dalam FGD ini berbagai elemen masyarakat, yang terdiri dari Praktisi Hukum, Akademisi, pakar Syariah, Ormas, dan lain lain.

Isu politiknya sepertinya lebih besar dibandingkan isu lainnya sebut DR. Usman Jakfar (Pakar Syariah) menyampaikan pandangannnya, terkait SKB ini, Undang-Undang dan peraturan serta kebijakan yang dibuat oleh Pemerintah dan DPR dalam semua sendi kehidupan, termasuk dalam dunia pendidikan harus didasari pada nilai-nilai dari ajaran agama.

Sedangkan Dodi Candra SH, MH (Praktisi Hukum Sumatera Utara) dalam pandangannya menyebutkan ada pertentangan dalam pasal pertimbangan dan pasal keputusan, dipasal pertimbangan huruf a di sebutkan; bahwa sekolah memiliki peran penting dan tanggung jawab dalam menjaga ideologi sedangkan dalam pasal keputusan butir 3 di katakan dalam rangka melindungi hak peserta didik, pendidik dan tenaga pendidikan sebagaimana di maksud dalam diktum kedua pemerintah daerah dan sekolah tidak boleh mewajibkan, memerintahkan, mensyaratkan, mengimbau atau melarang, penggunaan pakaian seragam dan atribut dengan kekhasan agama tertentu, jelas ini bertentangan tambah Dody.

Muslim Maksum, Lc selaku Pimpinan pondok Pesantren Al Uswah Langkat dalam pendangan mengatakan; menjadi pertanyaan besar di saat negara kita sedang di rundung virus Covid-19, banyak hutang malah ada permasalahan ini dan sample sekolahnya juga sedikit, sepertinya ini hanya pengalihan isu

M.Nuh mengatakan bahwa FGD kali ini sebagai forum rekonsiliasi ummat dalam merespon masalah yang ada.

Sekretaris PW Persis Sumut, Abdul Aziz. ST, Mengapresiasi Ketua Umum MUI Sumbar Buya Gusrizal Gazahar menolak SKB 3 Menteri soal seragam sekolah cacat hukum dan menabrak lima pasal di UUD 1945 dan UU Otoda.

Hadir juga pada FGD kali ini beberapa komponen ormas seperti dari IKADI, Persistri, Salimah sumatera utara, Dewan masjid indonesia, aktifis pemuda dan persistri , Al Azhar Center.

Menurut Taufik Nst , M.Hum menyoroti SK tiga menteri ini berada pada posisi paling bawah dari norma hukum

Para peserta FGD berharap Nuh selaku Anggota DPD Perwakilan Sumut, dapat menyampaikan aspirasi ini ke Pusat, mengingat hal ini cukup beralasan untuk dibatalkan.

Acara FGD di gelar pada Ahad (7/2/21) bertempat di GH Corner jalan DR Mansyur, Medan, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. (AA)

Please follow and like us:
Pin Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

YouTube
Instagram