Para pekerja sedang memasang septictank yang kedap air.

IKLAN

Medan, RentakNews.com. Ketua BMPS Medan Muhammad Arif menghimbau kepada seluruh sekolah swasta di Medan untuk melakukan perbaikan sanitasi dan toilet serta pembangunan sumur resapan.

Hal ini terkait dengan pandemi yang masih melanda kota Medan dan sebagai persiapan Sekolah swasta menghadapi pembelajaran Tatap muka yang direncanakan oleh pemerintah pada bulan Juli 2021. Sistem sanitasi yang baik dan ketersediaan toilet bersih akan membuat nyaman peserta didik untuk belajar tatap muka.

Salah satu program sanitasi yang baik adalah dengan pembuatan Tangki Septik Kedap sehingga lumpur tinja tidak menyebar yang dapat menyebabkan diare dan penyakit menular lainnya. Selain tangki septik kedap Sekolah juga dihimbau untuk membangun sumur resapan demi ketersediaan air bersih dan mengatasi dampak banjir.

Hal ini disampaikan Ketua BMPS Medan Muhammad Arif pada acara pelatihan dan sosialisasi Webinar Sekolah Sehat berwawasan lingkungan dengan membangun Sumur resapan dan Tangki septik kedap yang dilaksanakan oleh BMPS Medan pada tanggal 25 Februari 2021 bekerjasama dengan USAID IUWASH PLUS dan diikuti oleh ratusan peserta baik penyelenggara Sekolah Swasta di Medan Provinsi dan Nasional.

Pelatihan Webinar berlangsung. selama 3 sesi dan dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan, Dinas Keesehatan, Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan, PDAM Tirtanadi. Menurut Arif BMPS Medan akan terus mengawal program perbaikan Sanitasi dan toilet di sekolah swasta karena perbaikan sanitasi dan toilet ini akan menjadikan Sekolah dan peserta didik sehat yang merupakan hak dari peserta didik untuk mendapat layanan pendidikan disekolah yang nyaman dan sehat. tutup Arif

Reporter: Abdul Aziz
Editor: Tauhid Ichyar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here