Ketua Harian PZU Tauhid Ichyar bersama Pengawas PZU Sumut Abdul Aziz, ST.

Medan-Rentaknews.com. Dalam masa yang panjang zakat Indonesia telah berkembang sebagai pranata sosial keagamaan yang penting dan signifikan dalam penguatan masyarakat sipil Muslim.

IKLAN

Islam mengajarkan zakat adalah perintah Allah SWT yang diwahyukan kepada Rasul-Nya Muhammad SAW yang berkaitan dengan konstalasi sosial ekonomi umat dan berlaku sepanjang masa.

Menyahuti bagaimana pentingnya peran ZIS bagi umat, sebuah lembaga amil Zakat didirikan berdasarkan SK Menteri Agama RI No. 552 tahun 2001 yakni lembaga Pusat Zakat Umat sebuah lembaga pengelola Zakat, Infaq dan Shadaqoh (ZIS) yang berkhidmat untuk peningkatan kesejahteraan umat.

Petugas PZU Sukri Ahmad Rokan sebelah kiri dan Mawardi Tanjung no 2 dari kanan, saat berbagi bersama para Mualaf.

Visi besar Pusat Zakat Umat adalah menjadi lembaga yang unggul dan kompetitif dalam pemberdayaan umat, sedangkan Misi PZU membentuk citra lembaga yang amanah dan transparan, membangun kesadaran umat membayar zakat, infaq dan shadaqah, melaksanakan pelayanan prima (service excelent) serta menciptakan program pemberdayaan yang inovatif dan solutif”, ujar Ketua harian Ir. Tauhid Ichyar, MT di Kantor PZU Jl. Karya Jaya no. 248 Medan Johor Jumat, (26/2/2021).

Ada lima program pendayagunaan yang saat ini menjadi program unggulan PZU

  1. Program Peduli Umat
  2. Program Kesehatan Umat
  3. Program Pendidikan Umat.
  4. program Dakwah Umat.
  5. Program Ekonomi Umat.

Sementara di tempat yang sama Dewan Pengawas PZU Abdul Aziz, ST menyampaikan Pusat Zakat Umat didirikan berdasarkan SK Menteri Agama RI No. 552 tahun 2001 dan SK Kementrian Agama RI No. 865 tahun 2016.

Petugas PZU, Sdr Eko Misriadi sebelah kiri saat Jum’at Baroqah, Berbagi bersama jama’ah usai sholat Jum’at

Lebih lanjut Aziz menyampaikan Pusat Zakat Umat sejak berdiri tahun 2001 sampai saat ini sudah sembilan kali memperoleh predikat WTP (Wajar Tanpa Pengecualian). Audit dari Akuntan Publik ini telah sesuai Standar Akuntansi Indonesia.

“Motto PZU adalah Menyelamatkan Zakat Umat Dan Menyelamatkan Umat dalam berzakat, Tauhid menyampaikan bagi para donatur dapat menyalurkan donasinya ke Bank Syarian Indonesia Norek: 7039766587, a/n Pusat Zakat Umat atau menghubungi CP 082168857359, petugas kami siap menjeput”, ujarnya menutup pembicaraan kami siang itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here