2 Desember 2021

Autobiografi Pengabdian Tiada Henti Dr. Rustam Effendi YS

Peluncuran buku autobiografi Pengabdian Tiada Henti Rekam Jejak Sang Dokter di Hotel Polonia Medan

Peluncuran buku autobiografi Pengabdian Tiada Henti Rekam Jejak Sang Dokter di Hotel Polonia Medan.

Medan-Rentaknews.com. Dr.dr Rustam Effendi YS, Sp.PD,KG-EH adalah sosok multi talenta lahir di Meureudu, Kabupaten Pidie Jaya 70 tahun silam. Peluncuran buku autobiografi Pengabdian Tiada Henti Rekam Jejak Sang Dokter di Hotel Le Polonia Medan, Ahad (28/2/2021).

Buku tersebut berisi tentang rekam jejak sang Dokter di berbagai bidang profesi yang tertuang dalam kliping surat kabar. Guru besar FK-USU Prof.dr. Harun Rasyid Lubis, Sp.PD,KGH mempunyai penilaian tersendiri Terhadap sosok Dr Rustam.

Menurutnya Rustam merupakan sosok yang visioner, Prof Harun berpendapat sebagai seorang cendikiawan, rasanya seseorang belum berhasil bila tidak membuat buku, hendaknya generasi muda perlu mengikuti jejak Rustam ini.

Sementara Ketua PWI Sumut H. Hermansyah, SH yang diwakili Drs. Eddy Sormin mengapresiasi disiplin dan dedikasi Dr. Rustam dalam mengumpulkan kliping koran, dan mendokumentasikannya menjadi sebuah buku autobiografi, ini merupakan sebuah karya yang sangat menginspirasi.

Karateka Abdul Aziz pemegang sabuk Dan 4 Kala Hitam, “Dr Rustam merupakan inspirasi dan panutan“.

H. Prabudi Said tampil sebagai narasumber mengatakan, “buku ini mengembalikan kenangannya 40 tahun silam tentang kepengurusan Persatuan Catur Sumut (Percasu) di era tahun 80 an. Saya selaku Ketua Percasu waktu itu menandatangani SK Percames (Persatuan Catur Medan dan sekitarnya). SK tertanggal 8 April 1982 dan Dr. Rustam menjadi Ketua Percames”, ujarnya.

Narasumber berikutnya Wakil Pemred Harian Waspada H. Teruna Jasa Said memaparkan tentang kedekatan Dr. Rustam dengan Harian Waspada , beliau pernah mendapat anugrah Sahabat Waspada.

Selanjutnya Pemred Harian Analisa H. Sofyan menyampaikan, “salam hormat terhadap sosok Dr. Rustam mampu mengumpulkan dokumentasi dan kliping koran sebagai rekam jejak kegiatannya. Kedisplinan seorang Rustam mengingatkan saya kepada tokoh pers Sumatera Utara Almarhum Syamsuddin Manan yang memiliki disiplin tinggi”, ujar beliau.

Sedangkan Ir. Parluhutan Simarmata Wakil I Pemred Harian SIB, “sangat jarang seorang yang sudah mapan dan dikenal masyarakat bersedia meluangkan waktunya untuk menulis dan mendokumentasikan segala aktifitasnya”, lebih lanjut Parluhutan menyampaikan, “Jika anda bukan anak seorang raja atau anda bukan anak seorang ulama maka menulislah, dengan menulis anda akan dikenal”.

Wakil Pemimpin Redaksi Harian Analisa H. War Jamil berpendapat, bagi kalangan pers, buku ini memberikan arti tersendiri karena penyajiannya bersumber dari kliping koran.

Narasumber lainnya yang tampil dalam acara tersebut antara lain Redaktur Sumatera Utara Harian Waspada David Swayana SI.Kom, Dr, dr. Beni Satria M.Kes,SH, MH (Kes) selaku Founder Achilles Health Law Indonesia (AHLI) dan Dr. dr. Umar Zein,DTM & H,Sp.PD,KPTI sebagai moderator.

Dikalangan Perguruan Karate Kala Hitam Sensei Rustam Pemegang Sabuk Hitam DAN – V ini adalah salah seorang murid senior. Setiap Kejuaraan Karate Full Contact Kala Hitam beliau selalu menjadi Ketua Tim Medis untuk menjaga para atlit dari cedera bersama anak beliau Dr. Muhammad Khadafi. Dr. Rustam suami Dr.Hj.Chairul Rahmah ,Sp PK, “ini buat kami para karateka Kala Hitam beliau menjadi inspirasi dan panutan”, ujar Abdul Aziz, ST.

Editor: Tauhid Ichyar

Please follow and like us:
Pin Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

YouTube
Instagram