Search Google, Ibadah Puasa dinegri salju.

KAJIAN RAMADHAN

IKLAN

Rentaknews.com. Sesungguhnya panggilan bagi orang-orang yang beriman dalam perintah puasa menunjukkan ada rahasia tertentu yang Allah berikan didalamnya. Karena panggilan berpuasa hanya pada hamba-hamba yang beriman diseluruh dunia dan puasa dijalankan berdasarkan ketaqwaan.

Allâh Subhana WaTaala berfirman:

 يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya :

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. (Al-Baqarah 2:183)

Bila dicermati puasa dilaksanakan rata-rata hanya dikisaran 12-13 jam saja, tetapi tahukah kita bahwa ada negara-negara dengan lama waktu puasa tercepat sampai 11 jam dan terlama sampai 23 jam, hanya 1 jam waktu berbuka.

Hal ini karena dipengaruhi perbedaan letak geografis, kedudukan Matahari berbeda-beda mengikuti gerak semu tahunannya, durasi puasa di seluruh dunia pun berbeda-beda tergantung kedudukan garis lintangnya. Sehingga waktu terbit fajar dan terbenam matahari juga berbeda.

Firman Allah SWT :

 وَكُلُوا وَاشْرَبُوا حَتَّىٰ يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الْأَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الْأَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِ

Artinya :

“Dan makan minumlah sehingga terang kepadamu benang putih dari benang hitam yaitu fajar” (QS Al-Baqarah 2:187)

Indonesia yang berada di kawasan tropis tidak terlalu terpengaruh oleh fenomena ini, karena kedudukan Matahari yang mengalami gerak semu tahunan di antara garis balik Utara (lintang 23,5 LU) hingga garis balik Selatan (lintang 23,5 LS).

Negara-negara bagian Utara bumi akan menjalani waktu puasa lebih panjang, ketimbang mereka yang tinggal di Selatan.

Dari Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

اَلْفَجْرُ فَجْرَانِ : فَأَمَّا الْأَوَّلُ فَإِنَّهُ لاَيُحَرِّمُ الطَّعَامَ، وَلاَ يُحِلُّ الصَّلاَةُ، وَأَمَّا الثَّانِي، فَإِنَّهُ يُحَرِّمُ الطَّعَامَ، ويُحِلُّ الصَّلاَةُ

Artinya :

“Fajar itu ada dua : Yang pertama tidak mengharamkan makan (bagi yang puasa), tidak halal shalat ketika itu, yang kedua mengharamkan makan dan telah dibolehkan shalat ketika terbit fajar tersebut” (HR Ibnu Khuzaimah 3/210, Al-Hakim 1/191)

Negara-negara dengan waktu terpanjang ; Nuuk, Greenland: puasa 19 jam 57 menit Reykjavik, Islandia: puasa 19 jam 56 menit Helsinki, Finlandia: puasa 19 jam 09 menit Stockholm, Swedia: puasa 18 jam 58 menit Glasglow, Skotlandia: puasa 18 jam 36 menit.

Paling lama adalah Greenland dengan waktu puasa mencapai 19 jam 57 menit, bahkan di daerah Laplandia (bagian utara Finlandia). Di sana umat Muslim puasa lebih dari 23 jam, karena matahari hanya terbenam selama 55 menit saja.

Dari Umar Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata Rasullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

 إِذَا أَقْبَلَ اللَّيْلُ مِنْ هَاهُنَا، وَأَدْ بَرَ النَّهَارُ مِنْ هَاهُنَا، وَغَرَبَتِ الشَّمْسُ فَقَدْ أَفْطَرَ الصَّائِمُ

Artinya :

“Jika malam datang dari sini, siang menghilang dari sini dan terbenam matahari, telah berbukalah orang yang puasa” (HR Bukhari 4/171, Muslim 1100).

Sementara Negara dengan waktu puasa terpendek Christchurch, Selandia Baru: puasa 11 jam 20 menit Puerto Montt, Chile: puasa 11 jam 30 menit Canberra, Australia: puasa 11 jam 47 menit Montevideo, Uruguay: puasa 11 jam 48 menit Cape Town, Afrika Selatan: puasa 11 jam 52 menit. Muslim yang tinggal di negara-negara sisi selatan bumi ini menjalani puasa dengan durasi yang lebih pendek ketimbang Muslim yang di Utara.

Dari Umar Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata Rasullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

 إِذَا أَقْبَلَ اللَّيْلُ مِنْ هَاهُنَا، وَأَدْ بَرَ النَّهَارُ مِنْ هَاهُنَا، وَغَرَبَتِ الشَّمْسُ فَقَدْ أَفْطَرَ الصَّائِمُ

Artinya :

“Jika malam datang dari sini, siang menghilang dari sini dan terbenam matahari, telah berbukalah orang yang puasa” (HR Bukhari 4/171, Muslim 1100)

Tanggal 12 Mei 2021 saat Ramadhan dimulai, merupakan hari ketika umat Islam di beberapa negara Selatan menjalani puasa dengan durasi waktu terbilang singkat. Paling pendek adalah Selandia Baru dengan waktu puasa sekitar 11 jam 20 menit.

Namun, lain ceritanya dengan negara-negara di kawasan subtropis. Durasi puasa jadi berbeda-beda seiring peningkatan garis lintang. Durasi puasa terpanjang bagi kawasan subtropis terjadi pada puncak musim panas, di mana bagi belahan Bumi Utara, semakin mendekat ke arah kutub Utara, maka durasi puasa akan semakin panjang.

Sebaliknya durasi puasa terpendek terjadi pada puncak musim dingin, di mana bagi belahan Bumi Utara, semakin mendekat ke arah kutub Utara, maka durasi puasa akan semakin pendek.

Menjalankan puasa dengan durasi panjang bagi kawasan subtropis pada belahan Bumi Utara  yang dekat ke arah kutub Utara sungguh merupakan tantangan yang cukup berat dalam mengejar Ridha Allah SWT, berpuasa selama 23 jam.

Namun dalam Al-Qur’an, tidak sedikit ayat yang dengan tegas dan muhkam (qath’i) memberikan anjuran sebagai sarana untuk taqarrub kepada Allah SWT.

Firman Allah SWT :

إِنَّ الْمُسْلِمِينَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْقَانِتِينَ وَالْقَانِتَاتِ وَالصَّادِقِينَ وَالصَّادِقَاتِ وَالصَّابِرِينَ وَالصَّابِرَاتِ وَالْخَاشِعِينَ وَالْخَاشِعَاتِ وَالْمُتَصَدِّقِينَ وَالْمُتَصَدِّقَاتِ وَالصَّائِمِينَ وَالصَّائِمَاتِ وَالْحَافِظِينَ فُرُوجَهُمْ وَالْحَافِظَاتِ وَالذَّاكِرِينَ اللَّهَ كَثِيرًا وَالذَّاكِرَاتِ أَعَدَّ اللَّهُ لَهُمْ مَغْفِرَةً وَأَجْرًا عَظِيمًا

Artinya :

“Sesungguhnya kaum muslimin dan muslimat, kaum mukminin dan mukminat, kaum pria yang patuh dan kaum wanita yang patuh, dan kaum pria serta wanita yang benar (imannya) dan kaum pria serta kaum wanita yang sabar (ketaatannya), dan kaum pria serta wanita yang khusyu’, dan kaum pria serta wanita yang bersedekah, dan kaum pria serta wanita yang berpuasa, dan kaum pria dan wanita yang menjaga kehormatannya (syahwat birahinya), dan kaum pria serta wanita yang banyak mengingat Allah, Allah menyediakan bagi mereka ampunan dan pahala yang besar” (QS A-Ahzab 33:35)

Firman Allah SWT :

 وَأَنْ تَصُومُوا خَيْرٌ لَكُمْ ۖ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

Artinya :

“Dan kalau kalian puasa, itu lebih baik bagi kalian kalau kalian mengetahuinya” (QS Al-Baqarah 2:184)

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah menjelaskan dalam hadits yang shahih bahwa puasa adalah benteng dari syahwat, perisai dari neraka. Allah Tabaraka wa Ta’ala telah mengkhususkan satu pintu surga untuk orang yang puasa.

Sesungguhnya puasa dapat memutuskan jiwa dari syahwatnya, menahannya dari kebiasaan-kebiasaan yang jelek, hingga jadilah jiwa yang tenang. Inilah pahala yang besar, keutamaan yang agung yang Allah berikan kepada hamba-hamba-Nya yang Taqwa. (TI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here