Search Google Perang dalam kehidupan manusia.

IKLAN

Medan-Rentaknews.com. Ada empat hal biasanya menjadi tujuan atau penyemangat manusia dalam hidupnya. Kekuasaan, harta, wanita dan Iman.

Demi kekuasaan manusia berjuang, bertarung dan mengerahkan pasukan serta potensi terbaiknya hingga tak jarang berujung perang.

Perang Mahabarata adalah contoh dramatis bagaimana para kurawa yang gila kuasa halalkan segala cara demi rebut kekuasaan dan kalahkan para Pandawa yang coba ciptakan tatanan negara yang adil dan berprikemanusiaan.

Harta adalah motif lain sering membuat manusia siap bekerja siang dan malam dan pertaruhkan semua daya dan upaya demi raih pundi-pundi uang.

Kolonialisasi di berbagai negara Muslim adalah contoh vulgar betapa para kapitalis dan materialis berupaya renggut simpul-simpul kekayaan yang melimpah di negara Muslim.

Wanita/pria tak ketinggalan menjadi tujuan atau penyemangat manusia dalam hidup. Demi wanita/pria idaman, kekuasaan dan harta dipertaruhkan dan digunakan mendapatkan Dia Sang Pujaan.

Perang Troya adalah sejarah ‘Pertaruhan dua kerajaan besar dan dipicu perebutan ‘ wanita terbaik’ di masanya.

Iman adalah hal lain yang juga menjadi motif bagi manusia untuk berjuang dan betarung dalam hidupnya.

Ratusan bahkan ribuan perang juga telah tercipta demi pertahankan dan perjuangkan iman. Puluhan perang telah dilakukan oleh Nabi Muhammad dalam hidupnya demi iman dan keyakinan.

Manusia bebas memilih tujuan hidupnya dan tentunya juga tentukan perang yang diciptakan demi mimpi dan tujuan tersebut.

Saat ini Palestina dan Israel terlibat perang dahsyat dan berkepanjangan. Entah berapa harta dan nyawa telah hilang dan tumpah demi membela dan pertahankan sesuatu yang menjadi keyakinan. Apa yang menjadi tujuan para pihak dalam perang, itulah yang akan didapatkan dan dihasilkan.

Perang di sini tidak harus dimaknai ‘perang pisik’ tetapi juga perang ‘psikis’, bahkan menangis dan meringis karena gagal dapatkan tujuan adalah bermakna ‘perang’, ya perang rasa.

Penulis: Dr. Salamuddin, MA

Editor : Adm

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here