7 Desember 2021

Shalat Gerhana Bulan di Masjid Rabhitah Medan Johor Khusyuk

Ust. Ahmad Ilyas, SAg, menyampaikan khutbah Gerhana Bulan ba'da Maghrib diMasjid Rabhitah Medan.

Medan-Rentaknews.com. Kaum Muslimin dan Muslimat Medan Johor dan sekitarnya melaksanakan Shalat Gerhana Bulan di Masjid Rabhitah Jalan Karya Dharma Medan Johor, Rabu (26/5/21) malam secara khusyuk mengharap berkah dan ridho Allah SWT.

Shalat sunat berjamaah dua rakat dengan empat rukuk dan empat bacaan Al Fatihah dan Surah Al Quran ini dengan Imam Al Ustadz Ahmad Ilyas , S.Ag (Imam Masjid Rabhitah) dan sekaligus menjadi Khatib.

Sejumlah Jamaah, Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) Rabhitah tampak ikut Shalat Gerhana Bulan usai Shalat Isya Berjamaah ini antara lain Prof.Dr.H.Johar Arifin Anggota DPR RI ,Mawardi Tanjung, Ali Akbar, Abdul Aziz, Syahruddin Nasution
dan jamaah lainnya

Shalat gerhana bulan berlangsung dengan khusyuk dan berdoa agar pandemi Covid-19, dilenyapkan Allah SWT.

Khatib Ahmad Ilyas mengatakan Shalat Gerhana Bulan diselenggarakan untuk mengajak jamaah Masjid Rabhitah dan masyarakat Muslim mengikuti anjuran Rasulullah SAW serta memohon ampun dan berserah diri kepada Allah SWT pada momentum kekuasaan dan tanda kebesaran Allah SWT yaitu gerhana bulan.

Khatib memaparkan, mulai dari mitos yang berkembang di kalangan masyarakat terkait kejadian gerhana, beberapa riwayat sejak penciptaan Nabi Adam AS bahwa kekuasaan Allah SWT di alam semesta ini adalah mutlak dan setiap momentum kekuasaan Allah hendaklah umat introspeksi diri dan meminta ampun karena umat manusia tidak terlepas dari dosa.

Mari berintrospeksi diri. Intinya setiap kesalahan atau dosa umat manusia bukan setan yang menzalimi diri kita tapi kitalah yang menzalimi diri sendiri. Sembari minta ampun beristighfar ujarnya momentum ini kita perbanyak doa agar Allah SWT melepaskan umat manusia dari musibah termasuk berdoa agar kita terbebas dari pandemi Covid 19 dan wabah ini Insya Allah segera berlalu.

Baca Juga :

Menurutnya, Rasulullah SAW menganjurkan apabila melihat gerhana bulan atau gerhana matahari, umat Muslim diminta Shalat dan bersedekah.

Selain itu, umat Muslim juga dianjurkan memperbanyak membaca zikir dan tasbih serta meminta ampun kepada Allah SWT agar diberi keselamatan.

“Kami juga memohon kepada Allah SWT agar segera mengangkat wabah pandemi Covid-19 dari Sumatera Utara khususnya dan Indonesia pada umumnya,” katanya.

Kaum Muslimin dan Muslimat Medan dan sekitarnya melaksanakan Shalat Gerhana Bulan di Masjid Rabhitah, Rabu (26/5/21) malam secara khusyuk mengharap berkah dan ridho Allah SWT.

Petugas BMKG mengamati dengan alat pemantau Gerhana Bulan dihalaman BMKG Wilayah 1

Saat di konfirmasi Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah I Medan, Hartanto, ST, MM. Hasil pengamatan GBT yang berlokasi di lapangan kantor Balai Besar dijelaskan pada akhir fase total (U3, 18:18 wib – 19:52 wib) menunjukkan bulan kelihatan sebagian, namun citra bulan tidak jelas kelihatan karena terhalang awan.

Reporter: Abdullah
Editor:Admin

Please follow and like us:
Pin Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

YouTube
Instagram