2 Desember 2021

Sosialisasikan Empat Pilar, Muhammad Nuh,M.SP: Pembelaan Indonesia Terhadap Palestina adalah Amanah UUD NRI 1945….

Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan oleh anggota MPR/DPD RI, H. Muhammad Nuh, MSP.

Medan-Rentaknews.com.“Jangan pernah menyalahkan sikap bangsa dan rakyat Indonesia yang membela bangsa Palestina  dari cengkraman Israel, karena itu adalah amanah dari UUD NRI 1945…” demikian ditegaskan H. Muhammah Nuh, M.SP di hadapan masyarakat Padang Lawas Utara. Dalam acara sosialisasi Empar Pilar Kebangsaan MPR RI tersebut anggota DPD RI Dapil Sumatera Utara itu mengajak segenap elemen bangsa ini, tidak hanya masyarakat tapi juga pemerintah aktif untuk menyuarakan dan mengupayakan kemerdekaan bagi bangsa Palestina.

Karena itu adalah amanah yang termaktub dalam Pembukaan UUD 1945 yang menyatakan: ”…bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu adalah hak segala bangsa dan oleh sebab itu maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan”.   H. Muhammad Nuh, M.SP  juga mengutip pernyataan Proklamator Indonesia Bung Karno pada tahun 1962 bahwa ”…selama kemerdekaan bangsa Palestina belum di serahkan kepada orang-orang Palestina maka sepanjang itulah Bangsa Indonesia berdiri menentang penjajah Israel…”,  maka tidak ada lagi alasan bagi bangsa Indonesia untuk tidak mendukung dan  mengupayakan kemerdekaan bangsa Palestina.

Apalagi Indonesia pernah berhutang saat perjuangan bangsa kita bangsa Palestina adalah negara pertama yang mengakui kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) disaat negara-negara lain belum memutuskan sikap. Pengakuan ini di lontarkan oleh Mufti Palestina Syaikh Muhammad Amin Al Husaini  saat Indonesia masih di jajah oleh Jepang  yang diumumkan melalui radio Berlin berbahasa Arab selama 2 hari berturut-turut. Karenanya meninggalkan bangsa Palestina adalah merupakan pengkhiatan bagi bangsa dan rakyat Indonesia karena bertentangan dengan amanah UUD NRI 1945 dan pesan dari proklamator bangsa, Bung Karno, tegas H. Muhammad Nuh, M.SP.

Selanjutnya H. Muhammad Nuh, M.SP menyampaikan Indonesia sebagai negara yang besar dan pluralitas, memiliki kunci dalam menjaga keutuhan dan kesatuan bangsa. Kunci tersebut adalah Empat Pilar Kebangsaan yang terdiri dari Pancasila, Negara Kesatuan Republik Indonesia, UUD 1945 dn Bhinneka Tunggal Ika. Empat Pilar Kebangsaan ini sudah terbukti mampu menjaga keutuhan bangsa Indonesia sejak merdeka pada tahun 1945 lalu, walau dalam perjalanannya pernah mengalami ujian dan hambatan. Oleh karena itu menjadi keniscayaan Empat Pilar ini  harus terus di sosialisasikan agar tertanam dengan kokoh di dada masyarakat Indonesia.

Beliau juga mengingatkan masyarakat Padang Lawas Utara, sebagai masyarakat agamis dan banyak memiliki pesantren untuk tidak mempertentangkan Pancasila ini sebagai dasar dala benegara dengan keyakinan / Aqidah Islam. Karenanya sesungguhnya muatan dalam sila-sila Pancasila adalah realisasi ajaran-ajaran Islam dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 

Acara Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan tersebut pada Sabtu tanggal 22 Mei 2021 di Aula Resto Keluarga Gunung Tua  juga di hadiri oleh Camat Kecamatan Padang Bolak Kab. Padang Lawas Utara, H. Hilaluddin Daulay, M.Si. Dalam sambutannya Camat Padang Bolak menyampaikan terima kasih nya kepada H. Muhammad Nuh, M.SP selaku anggota DPD RI Dapil Sumatera Utara yang sudah memilih daerahnya sebagai tempat pelaksanaan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan MPR RI ini sehingga masyarakat kecamatan Padang Bolak khususnya dan Padang Lawas Utara umumnya dapat lebih memahami tentang  NKRI, UUD 1945, Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika dan berharap acara ini nantinya mampu meningkatkan rasa cinta dan nasionalisme kepada Bangsa Indonesia khususnya dikalangan generasi muda daerah ini.

Sumber Berita : Andi Arba

Editor : Adm

Please follow and like us:
Pin Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

YouTube
Instagram