9 Desember 2021

Hari Laut Sedunia 2021 Mengusung Tema: Satu Laut, Satu Iklim, Satu Masa Depan Bersama.

Penetapan Hari Laut sedunia pada tahun 1992 berawal dari United Nations Conference On Environment and Development di Rio De Janeiro Brasil.

Medan-Rentaknews.com. Hari laut sedunia diperingati setiap tanggal 8 Juni.
Sejarah Penetapan Hari Laut sedunia pada tahun 1992 berawal dari United Nations Conference On Environment and Development di Rio De Janeiro Brasil.

Hari Laut Sedunia 2021 atau World Ocean Day di peringati 8 Juni, ini mengingatkan kita semua betapa penting lautan bagi kehidupan manusia. Lautan menutupi lebih dari 70 % planet bumi, laut adalah sumber kehidupan manusia, mendukung kesejahteraan umat manusia dan menghasilkan setidaknya 50 % oksigen bumi.

Laut merupakan rumah bagi sebagian besar keanekaragaman hayati bumi, dan merupakan sumber protein utama dari satu milyar lebih manusia di seluruh dunia.
Prediksi tahun 2030 laut adalah kunci ekonomi manusia, lebih 40 juta orang dipekerjakan oleh industri berbasis laut.

Terlepas dari berjuta manfaatnya kondisi lautan semakin hari makin kritis dilansir PBB, 90 persen populasi ikan besar habis, dan 50 persen terumbu karang hancur karena ketamakan dan ulah manusia.

Kita semua harus melindungi dan melestarikan laut dan semua biota yang menopangnya, kita harus menciptakan keseimbangan baru, yang berakar pada pemahaman yang benar tentang laut, ini suatu keniscayaan.

Sangat tepat peringatan ini mengangkat tema ‘One Ocean, One Climate, One Future Together, Satu Laut, Satu Iklim, Satu Masa Depan Bersama.

Sejalan dengan peringatan Hari Meteorologi Dunia tahun 2021, Waspada Cuaca, Peduli Iklim, Selamatkan Laut. Laut adalah penggerak utama cuaca dan iklim juga penggerak utama ekonomi global membawa lebih 90 % perdagangan dunia.

Tujuan peringatan tersebut untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kelestarian laut bagi umat manusia.

Penulis: Pemerhati lingkungan
Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Belawan 2015 – 2018

Please follow and like us:
Pin Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

YouTube
Instagram