7 Desember 2021

14 Juni Hari Donor Sedunia: Donorkan Darahmu, Agar Kehidupan Dunia Tetap Berdetak.

Ketua Pusat Zakat Umat Sumut saat donor darah di PMI Medan.

Medan-Rentaknews.com. Bertempat di Masjid Nurul Aldys dilaksanakan donor darah bekerjasama dengan PMI Kabupaten Langkat dan BKM Nurul Aldys, Jalan Karya Bakti Medan Johor, Ahad (13/6/2021).

“Secara priodik 3 bulan sekali kita usahakan donor ke PMI Medan” ujar Abdul Aziz, pengawas PZU Sumut, saat Media Rentaknews ngobol dengan beliau. “pengurus Pusat Zakat Umat (PZU) Sumut memang sudah terbiasa dengan donor darah”, ujar Eko Misriadi Kadiv. Keuangan PZU saat mengomentari Hari Donor Darah Sedunia.

Apa yang ada di pikiran kita ketika mendengar donor darah? Tentunya akan terbayang dengan dua hal yaitu jarum dan darah. Kita pasti akan membayangkan bagaimana sakitnya  tusukan jarum ke lengan kita dan darah keluar dari lengan kita, aliran darah sebanyak 250 cc-350 cc ke kantong darah.

“Banyak orang mempertanyakan apa manfaat dari donor darah itu? Malah ada yang beranggapan jika mendonorkan darahnya bisa-bisa nanti darahnya akan berkurang dan berdampak buruk bagi tubuh”, ujar Tauhid Ichyar ketua PZU Sumut saat Rentaknews bersilaturahim kekantornya.

Abdul Azis saat donor bertempat di Masjid Nurul Aldys dilaksanakan donor darah bekerjasama dengan PMI Kabupaten Langkat dan BKM Nurul Aldys

“Padahal sebenarnya jika kondisi tubuh sehat maka produksi darah tidak akan terganggu, ditambah lagi dengan memenuhi kebutuhan nutrisi dan asupan cairan yang cukup maka keadaan kita akan pulih kembali seperti semula. Namun jika ada terasa pusing ringan dan mual itu adalah hal yang normal pada sebagian orang” kata Tauhid lagi tentang pengalaman mendonorkan darah.

Eko Misriadi Kadiv Keuangan PZU Sumut

Memang tidak semua orang dapat menjadi pendonor, secara umum syarat-syaratnya, pendonor berusia 17-60 tahun harus memiliki berat badan tidak kurang dari 45 kg dan sehat baik jasmani maupun rohani. Tekanan darah harus berada pada angka 100-170 mmhg (sistolik) dan 70-100 mmhg (diastolik), kadar hemoglobin darah antara 12,5g%-17g%, tidak ketergantungan narkoba dan alkohol, serta tidak dalam masa pengobatan. Jika syarat untuk donor darah telah terpenuhi, maka proses pendonoran darah bisa dilaksanakan yang biasanya lebih kurang selama 15 menit saja.

Bulan Juni ini merupakan bulan bersejarah bagi Palang Merah, tepat pada tanggal 14 Juni di tetapkan sebagai Hari Donor Sedunia oleh World Health Organization (WHO). Pada tahun 2021 tema yang diusung adalah Give Blood And Keep The World Beating atau Donorkan Darahmu, agar Kehidupan Dunia Tetap Berdetak.

Esensi dari tema ini adalah untuk meningkatkan kesadaran akan kontribusi pendonor darah agar dapat berguna bagi keselamatan masyarakat. Mendonorkan darah selain meluangkan waktu untuk kemanusiaan dan kebaikan juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Donor darah dapat mengeluarkan sel darah yang sudah tua dan merangsang pertumbuhan sel baru.

Reporter : Abdullah

Editor : Adm

Please follow and like us:
Pin Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

YouTube
Instagram