2 Desember 2021

Legislator PKS Hidayatullah: Usulkan Anggaran Untuk Program Digitalisasi UMKN Berbasis Data Tunggal Dapat Tertampung Pada APBN 2022.

Basis data tunggal ini akan mampu membangun interkoneksi yang berkesinambungan antara UMKN dan BUMN, Swasta dan pasar.


Jakarta-Rentaknews.com. Fraksi PKS mengusulkan agar tahun 2022 anggaran untuk digitalisasi UMKN berbasis data tunggal dapat berjalan efektif nantinya. Basis data tunggal ini akan mampu membangun interkoneksi yang berkesinambungan antara UMKN dan BUMN, Swasta dan pasar.

Tahun 2022 Kementrian Koperasi dan UKM mengusulkan anggaran rp. 600.000.000.000 untuk penyesuaian basis data tunggal.

Hidayatullah mengatakan, “saat ini masih ada kesulitan pada pencatatan jumlah pengusaha yang terkelompok berdasarkan jenis usahanya yang berada pada lokasi yang sama. Padahal jumlah UMKN pada tahun 2020 berdasarkan data BPS sudah terekap berjumlah 64 juta usaha.” ujarnya.

Meskipun jumlah UMKN sudah terekap, ketika hendak mengelompokkan data para pelaku UMKN memerlukan waktu yang sangat lama, sehingga basis data tunggal sangat urgen di bentuk untuk memudahkan pemerintah dalam melakukan perencanaan program dan memberikan bimbingan dan pelatihan serta pembinaan untuk pelaku UMKN

Di Kementerian Koperasi dan UKM per Februari 2021, jumlah UMKN yang sudah menggunakan teknologi digital baru mencapai 12 juta pelaku usaha. Artinya baru 13 % dari 64 juta pelaku UMKN yang memanfaatkan digitalisasi berbasis teknologi.
Dimasa pandemi 19 menyebabkan perubahan perilaku masyarakat belanja secara online.

Baca Juga :

Pemerintah perlu kerja keras untuk membangun ekosistem ini, diharapkan semakin banyak pelaku UMKN yang menggunakan teknologi digital ujar Hidayatullah yang disampaikan kepada media rentaknews.com jumat (25/6/2021).

Legislator PKS asal Sumut 1 ini mengapresiasi Pemprov. Sumut mengajukan 1,5 juta pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKN) yang ada di Sumatera Utara untuk mendapatkan Banpres Produksi Usaha Mikro. Diharapkan dengan mendapat bantuan Banpres Produksi usaha mikro ini roda perekonomian semakin bergeliat di sumut ujar Hidayatullah.

Reporter : Abdul Aziz
Editor: Adm

Please follow and like us:
Pin Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

YouTube
Instagram