7 Desember 2021

Legislator PKS H.Hidayatullah, Minta BLU BPDLH Rancang Grand Design Pengelolaan Dana Lingkungan Hidup.

Abdul Aziz, ST, H. Hidayatullah, SE dan H.Ibrahim Deputi Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Utara.

Medan-Rentaknews.com. Anggota DPR RI dari Fraksi PKS, H. Hidayatullah dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) komisi XI dengan Badan Layanan Umum (BLU) Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH) yang berlangsung secara virtual senin (21/6/2021).

Hidayatullah mencermati tentang grand design BPDLH dimana roadmap yang disampaikan BPDLH dihadapan Komisi XI baru sebatas adanya dana dan penyalurannya saja.

Hidayatullah menginginkan adanya grand design besar. Kewenangan BPDLH sangat besar untuk mengelola dana terkait dengan lingkungan hidup, Permasalahan lingkungan hidup di indonesia sangat banyak.

Diperlukan grand design secara makro, dengan dana yang ada untuk mengatasi permasalahan lingkungan hidup di Indonesia. Hidayatullah minta penjelasan tentang proyeksi dan skema BPDLH atas dana kelolaan yang dipaparkan.

Dengan adanya dana dari Green Climate Fund melalui mekanisme Performance based payment sebesar 103 juta USD, dan REDD+ (Reducing Emission From Deforestation and Forest Degradation) dari Norwegia dengan jumlah 560 juta AS, Forest Carbon Partnership Facility (FCPF) dengan jumlah 110 juta dolar AS, dari Bio Carbon Fund (BCF) sebesar 60 juta dolar AS untuk peningkatan kualitas lingkungan hidup di Jambi hingga 2025, lalu dari Bank Dunia (World Bank) dengan anggaran 2 juta dolar AS, serta yang terakhir adalah For Foundation sebesar 1 Juta dolar AS ujar Hidayatullah.

Sosialisasi Sistem Pembayaran Digital Dengan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard).

Total potensi dana kelolaan yang ditangani oleh BPDLH mencapai nilai rp. 876 juta dolar AS, setara dengan rp. 12,5 triliun ( kurs rp. 14.289). Selanjutnya Hidayatullah menyoroti data pemerintah yang telah menyalurkan dana kepada masyarakat sekitar hutan sebesar rp. 1,43 triliun untuk 27.509 debitur.
Dimana layanan FDB (Fasilitas Dana Bergulir) tersebut telah menjangkau di 27 Provinsi dan 195 kabupaten di indonesia.

Anggota DPR RI dari Fraksi PKS (Partai Keadilan Sejahtera) Dapil Sumut 1 ini mencermati tentang penanganan kerusakan lingkungan, dan minta kejelasan tentang skema yang diberikan BPDLH dalam menyalurkan pendanaan pada kelompok masyarakat yang menjaga kelestarian lingkungan. Serta upaya BPDLH untuk penghargaan bagi daerah yang tetap menjaga kelestarian lingkungan khususnya hutan, terutama untuk daerah yang kreatif memanfaatkan keberadaan hutan dengan baik.

Kita di Komisi XI ingin tahu tentang mitigasi resiko yang dilakukan BPDLH menghadapi ancaman krisis iklim yang saat ini sedang melanda dunia. Mengamati salah satu fungsi adanya BPDLH adalah sebagai bentuk kerja nyata pengendalian dan penanganan dampak perubahan iklim ini disampaikan Hidayatullah pada pimpinan media Rentaknews.com Abdul Aziz saat acara Sosialisasi Sistem Pembayaran Digital Dengan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard). Sosialisasi yang diselenggarakan Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Utara bekerjasama dengan DPP Forum Masyarakat Adat Deli (FORMAD) di asrama haji medan sabtu (26/6/2021) dihadiri 170 peserta baik tatap muka dan virtual.

Menurut Deputi Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Utara Ibrahim, ” sosialisasi ini sudah sering kami lakukan. Alhamdulillah Bank Indonesia mengapresiasi, kerjasama yang baik dengan H. Hidayatullah sebagai wakil rakyat yang hadir pada kegiatan yang diselenggaran Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Utara,” ujar Ibrahim.

Pernyataan yang patut mendapat apresiasi Deputi Bank Indonesia Perwakilan Sumut adalah pernyataan bersama Ketua/Sekretaris FORMAD Tengku Fauzi dan OK Mukhlis bahwa Formad siap bekerjasama dengan BI dalam peluncuran program – program di wilayah Kesultanan Deli yakni Kota Medan, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi dan Deli Serdang dan di sambut dengan semangat oleh seluruh Anggota Formad.

Reporter: Abdullah
Editor: Adm

Please follow and like us:
Pin Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

YouTube
Instagram