Anggota DPR RI dari Komisi XI Hidayatullah

Jakarta-Rentaknews.com. Menanggapi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait adanya beberapa permasalahan dalam pelaksanaan penangan Covid -19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PCPEN) pada Kementrian dan Lembaga, Anggota DPR RI dari Komisi XI Hidayatullah angkat bicara.

IKLAN

Salah satunya dalam program Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) dalam Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester (IHPS) II tahun 2020, disebutkan terdapat kebocoran penyaluran BPUM sebesar 1,18 triliun.

Baca Juga :

Dalam IHPS semester II tahun 2020 disebutkan bahwa ada penerimaan BPUM yang tidak sesuai kriteria sebanyak 418.947. Menanggapi Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester (IHPS) tahun 2020 ini Hidayatullah sangat prihatin dengan laporan yang disampaikan BPK terkait BLT untuk UMKM yang tidak tepat sasaran.

Menurut beliau pemerintah pusat seharusnya menggandeng pemerintah daerah untuk melakukan pendataan secara serius dan berkala.

Langkah ini harus kongkrit dilaksanakan serta keseriusan dalam penanganan Pandemi Covid 19 serta pemulihan ekonomi khususnya UMKM, saat ini sangat tergantung pada ketersediaan data yang terintegrasi.

Menurut Hidayatullah pelaku UMKM dengan program BLT ini merasa terbantu tapi belum cukup untuk membuat UMKM bangkit kembali. Bantuan produktif itu hanya mengatasi salah satu masalah UMKM ujarnya.

Hendaknya selain memberikan BLT pemerintah juga berkomitmen membantu UMKM dalam berbagai hal baik fiskal maupun non fiskal.

Anggota DPR RI dari F-PKS yang duduk di Komisi XI Dapil Sumut 1 ini menyampaikan kepada media rentaknews.com Ahad (27/6/2021) bahwa saat ini UMKM memerlukan bantuan secara komprehensif, mempermudah akses pasar melalui digital platform, memudahkan akses bahan baku UMKM dan lain sebagainya.

Hidayatullah mendorong pemerintah untuk menjembatani komunikasi perusahaan besar dengan pelaku Usaha Kecil agar terjalin kemitraan.

Misalnya UMKM memasok bahan baku ke perusahaan besar, lalu perusahaan besar menjual produksi ke pasar lebih luas. Pola kemitraan seperti ini yang harus dikembangkan oleh pemerintah ujarnya.

Reporter: Abdul Aziz
Editor: Adm

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here