2 Desember 2021

Gunung Sinabung Erupsi Lagi, Kolom Abu 4.500 Meter, Empat Kecamatan Terdampak Abu Vulkanik.

Erupsi ini terekam seismograph dengan amplitudo maximum 120 mm dan durasi 742 detik ini disampaikan Armen Putra Petugas Pos Pengamatan Gunung Sinabung.

Rabu,28 Juli 2023,18:05

Karo-Rentaknews.com.Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara mengalami erupsi pada hari rabu 28 Juli 2021 pukul 13.20 wib dengan tinggi kolom abu teramati lebih kurang 4500 meter di atas puncak (+/- 6900 meter di atas permukaan laut).
Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah timur dan selatan.
Erupsi ini terekam seismograph dengan amplitudo maximum 120 mm dan durasi 742 detik ini disampaikan Armen Putra Petugas Pos Pengamatan Gunung Sinabung.

Kepala bidang Kedaruratan BPBD Kabupaten Karo, Natael Perangin-angin menjelaskan ada empat kecamatan yang terdampak abu vulkanik berasal dari erupsi gunung Sinabung.

Saat ini gunung Sinabung berada pada status level III (siaga) dengan rekomendasi:

  1. Masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak gunung sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.
  2. Jika terjadi hujan abu, masyarakat dihimbau agar memakai masker bila keluar untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Mengamankan sarana air bersih.
  3. Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar.

Reporter: Abdul Aziz
Editor: Adm

Please follow and like us:
Pin Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

YouTube
Instagram