MUI Kota Medan mengadakan Seminar Kekuatan Politik Islam di Kota Medan.

Sabtu, 7 Agustus 2021, 18:00

IKLAN

Medan-Rentaknews.com. Bertempat di kantor MUI Kota Medan dilaksanakan Seminar Penguatan Politik Islam di Kota Medan. Sebagaimana kita ketahui bahwa Politik tidak dapat dilepaskan dari kekuasaan. Dalam berpolitik dibutuhkan pemimpin yang dipercaya umat. Dalam konteks yang lebih luas negara membutuhkan seorang pemimpin yang dapat mensejahterakan rakyat, memberi rasa keadilan, serta dapat mengayomi ujar Ketua MUI Kota Medan

Para Peserta Seminar dari berbagai Ormas Islam menghadiri undangan Seminar MUI Kota Medan.

Dr.H.Hasan Matsum, M,Ag dalam sambutannya. Dilanjutkan Dr. Hasan Matsum menyampaikan apresiasi kepada H. Hidayatullah, SE Anggota DPR RI, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Ust. Sutrisno Ketua Umum IMAM (Ikatan Mubaligh Antar Masjid) yang telah mendukung dan mensupport atas terselenggaranya seminar ini.

Ketua Panitia Badrin Rizaldi , S.Ag dalam sambutannya menyampaikan seminar ini mengangkat thema” Penguatan Politik Islam” Dengan mengundang tokoh – tokoh Ormas, Persis, Muhammadiyah, NU, PZU Sumut, Anshor, PUI, Parmusi Majelis Taklim, Al Azhar Center, Fahmi Ummi, Fodium, Akademisi, Jurnalis, Praktisi Hukum, PC Ansor, , LPD MM , JPRMI, PDNA, Al Azhar Center, Himmah, Warisva dan ormas linnya. sebanyak 57 peserta seminar, bertempat di Aula MUI Jln. Nusantara medan sabtu, 28 Dzulhijjah 1442 H/ 7 Agustus 2021 M. Sebelumnya tilawah Al-Qur’an dilantunkan oleh Dr.Muhammad Basri, MA, dan doa oleh KH.Zulfikar Hajar, LC, Wakil Ketua Umum MUI kota Medan.

Pemateri Pertama Ketua MUI Kota Medan, Dr. H. Hasan Matsum,M.Ag. Menyampaikan Dass Sollen dan Dass Sein’, Kekuatan Politik Umat Islam di Kota Medan.
Dass Sollen bermakna Data pemeluk agama di kota medan umat Islam prosentasenya 1.601.000 jiwa setara dengan 65,78 % . Jumlah masjid, 1.134 dan Mushalla 669 buah
ini adalah potensi yang besar bila kita bersama melakukan kerja-kerja dakwah untuk kamanfaatan dan kemaslahatan umat Islam kota Medan.

Foto bersama peserta Seminar dengan Pembicara dan Pengurus MUI Kota Medan.

Pembicara kedua, H. Hidayatullah, SE. Anggota DPR RI, Fraksi Partai Keadilan Sejahteta (FPKS) beliau menyampaikan situasi politik Nasional dan kaitannya dengan Perkembangan Islam di Indonesia. Lebih Lanjut Hidayatullah menyampaikan faktanya, negara kita dibawah cengkeraman hegemoni Imperialisme global mereka sudah ikut menyusun kata demi kata untuk menyusun Peraturan Perundang-undangan. Diranah Rancangan Undang – undang (RUU) Cipta Kerja atau Omnibus Law dimana secara implisit Indonesia bersaing dengan asing untuk mengeksploitasi Sumber Daya Alam di Indonesia.

Dalam sessi tanya jawab Hidayatullah menyampaikan ekonomi Liberal adalah sistem ribawi, sistem ribawi akan berpihak kepada pemodal besar. UMKM tidak akan pernah besar bila kita tetap menggunakan sistem ribawi, Allah sudah menegaskan perangi riba dan suburkan zakat.

Ketua Komisi Siyasah Syar’iyah dan Kerjasama Antar Lembaga sekaligus sebagai moderator Ust. Pamonoran Siregar, M.Pd menyampaikan terima kasih kepada Ketua Umum MUI Kota Medan Dr. Hasan Matsum, Ust Hidayatullah, SE. Anggota DPR RI dari FPKS, Dr. Warjio yang telah berkenan, hadir sebagai narasumber dan memberikan pencerahan wajah dari umat islam kota Medan. Lebih lanjut Pamonoran menyampaikan seminar ini mengambil moment menyambut tahun baru islam, 1 Muharram 1443 H.

Sedang Dr. Warjio menyampaikan Politik Umat Islam dan Ormas Islam kota Medan, sesuai Undang – Undang Republik Indonesia Nomor : 17 tahun 2013 tentang organisasi kemasyarakatan. Organisasi kemasyarakatan (Ormas) adalah organisasi yang didirikan dan dibentuk oleh masyarakat secara sukarela berdasarkan kesamaan aspirasi, kehendak, kebutuhan, kepentingan kegiatan dan tujuan untuk berpartisipasi dalam pembangunan demi tercapainya tujuan negara kesatuan republik indonesia yang berdasarkan Panca Sila.

Warjio memaparkan Model Politik Islam Indonesia dan ditransformasikan ke dalam ormas Islam dan kebijakan Politik Islam Ormas Islam di Kota Medan.
Agar umat Islam respon terhadap perubahan – perubahan politik dan ormas Islam agar dapat melakukan komunikasi untuk membangun kekuatan riil umat Islam kota Medan.

Abdul Aziz. ST, selaku Humas Panitia Pelaksana seminar tetap melaksanakan Prokes dengan mengatur jarak dan memakai masker.

Reporter: Abdul Aziz
Editor: Adm.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here