7 Desember 2021

Ma’ruf Amin: Habib Saggaf sosok aktif dalam berdakwah

Puluhan ribu umat Islam di Palu dan sekitarnya mengangkat jenazah almarhum Habib Saggaf Bin Muhammad Aljufri, di Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (4/8/2021. ANTARA/HO-Faldi)

Sabtu, 7 Agustus 2021 19:00 WIB

Jakarta-Rentaknews.com. Wakil Presiden, Ma’ruf Amin, menyatakan almarhum Ketua Utama Alkhairaat, Habib Saggaf bin Muhammad Aljufri, merupakan sosok yang aktif dalam berdakwah serta dekat dengan masyarakat.

“Kita semua merasa kehilangan seorang yang alim, saleh, habib dan mujahid fillah,” kata Ma’ruf dalam tayangan kesaksian, saat pembacaan doa tahlil wafatnya Habib Saggaf secara daring, Jumat malam.

Baca juga: Puluhan ribu umat Islam di Palu shalatkan jenazah Habib Saggaf

Ia mengutip hadits yang diriwayatkan Al-Thabrani dari Rasullulah SAW, dimana meninggalnya ulama adalah musibah yang tak tergantikan, dan sebuah kebocoran yang tak bisa ditambal. Wafatnya ulama laksana bintang yang padam.

Ia mengatakan sosok Habib Saggaf selama hidup telah mengabdikan diri di bidang pendidikan dan dakwah, serta aktif di berbagai organisasi baik di bidang keagamaan hingga perguruaan tinggi.

Baca juga: Gubernur: Sulteng berduka atas wafatnya Habib Saggaf

“Beliau pernah menjabat ketua umum Majelis Ulama Indonesia Provinsi Sulawesi Tengah selama tiga periode sejak 1992,” ujar Amin.

Selain itu, almarhum Habib Saggaf pernah menjabat anggota MPR utusan daerah periode 1992-1997. Sosok produktif menulis buku dan kolom di berbagai media, mengenai berbagai ilmu agama islam.

Amin mengajak seluruh masyarakat dan warga Alkhairaat untuk mendoakan almarhum Habib Saggaf.

Baca juga: Dewan pakar Alkahiraat: Habib Saggaf sosok ulama panutan di Sulteng

“Semoga seluruh amal ibadahnya diterima Allah SWT dan ditempatkan di tempat yang mulia di sisi-Nya, serta keluarga ditinggalkan diberikan ketabahan dan kekuatan serta keikhlasan,” kata dia.

Ketua Utama Alkhairaat, Habib Saggaf bin Muhammad Aljufri, meninggal dunia pada Selasa (3/8) sekitar pukul 15.50 WITA di RS Alkhairaat, Palu, Provinsi Sulawesi Tengah. Ia merupakan cucu dari ulama Habib Idrus bin Salim Al Jufri atau Guru Tua, pendiri Perguruan Alkhairaat yakni salah satu organisasi islam terbesar di Indonesia Timur.

Baca juga: Ketua Utama Alkhairaat wafat
 

Sumber Berita : https://www.antaranews.com/berita
Editor: Adm

Please follow and like us:
Pin Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

YouTube
Instagram