1 Desember 2021

Ketua MPR memastikan Presiden Jokowi hadiri Sidang Tahunan MPR RI

Arsip-Presiden Joko Widodo mengenakan busana Sabu asal NTT di lokasi sidang tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2020). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

 Sabtu, 14 Agustus 2021 9:15 WIB

Presiden Joko Widodo memastikan dirinya akan hadir secara fisik dalam Sidang Tahunan MPR RI

Jakarta-Rentaknews.com.Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) memastikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan hadir pada 16 Agustus pada Sidang Tahunan MPR RI, untuk menyampaikan pidato kenegaraan mengenai kinerja lembaga-lembaga negara dalam menjalankan tugas dan kewenangan selama setahun terakhir.

“Presiden Joko Widodo memastikan dirinya akan hadir secara fisik dalam Sidang Tahunan MPR RI,” kata Ketua MPR RI Bambang Soesatyo usai menemui Presiden Jokowi, di Istana Bogor melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Dalam pertemuan tersebut, kata Bamsoet, Presiden Jokowi sepakat agar pelaksanaan Sidang Tahunan MPR RI dibuat secara sederhana, efektif, dan efisien, sehingga tidak memakan waktu terlalu lama.

Sebab, katanya lagi, yang terpenting adalah pesan dari pidato kenegaraan tersampaikan kepada masyarakat.

Sidang Tahunan MPR RI akan diselenggarakan pada Senin (16/8) yang dimulai pukul 08.30 WIB dengan menerapkan protokol kesehatan.

Ketua DPR RI ke-20 tersebut, juga menyampaikan kepada Presiden Jokowi tentang perkembangan pelaksanaan salah satu tugas MPR RI dalam mengkaji substansi dan bentuk hukum pokok-pokok haluan negara (PPHN).

Secara substansi terdapat arus besar aspirasi masyarakat yang menghendaki adanya PPHN, guna memastikan satu pedoman atau arah yang menjamin keberlangsungan visi dan misi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“PPHN yang dimaksud bukanlah cetak biru pembangunan yang bersifat teknokratis, substansi PPHN hanya mengatur hal-hal yang bersifat filosofis dan turunan pertama dari UUD 1945,” kata Bamsoet pula.

Ia menegaskan hadirnya PPHN sama sekali tidak akan mengurangi ruang dan kewenangan Pemerintah untuk menyusun cetak biru pembangunan.
Baca juga: Bamsoet: Sidang Tahunan MPR hanya dihadiri 60 orang secara fisik
Baca juga: MPR: Sidang Tahunan jadi momentum sampaikan pesan kebangsaan

Sumber Berita : https://www.antaranews.com/berita

Editor: Adm

Please follow and like us:
Pin Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

YouTube
Instagram