2 Desember 2021

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumut Melalui Bidang Ukhuwah Mengadakan Silaturrahim Dengan Organisasi Kepemudaan Islam Se Sumatera Utara.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Utara menggagas pertemuan dengan Organisasi Kepemudaan Islam Se Sumatera Utara

Sabtu 28 Agustus 2021, 20:33 WIB.

Medan- Rentaknews.com. Bidang Ukhuwah Islamiyah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Utara menggagas pertemuan dengan Organisasi Kepemudaan Islam seSumatera Utara mengangkat Tema: Membangun Sinergitas Pemuda Islam Sumatera Utara Dalam Memperkuat Ukhuwah Islamiyah dan Membangun Kerukunan.
Sabtu 19 Muharram 1443 H/ 28 Agustus 2021 M, bertempat di Aula MUI Sumut, jln Majelis Ulama No. 3 Sutomo Ujung Medan.

Ketua MUI Sumut, Dr.H.Maratua Simanjuntak dalam arahannya menyebutkan Majelis Ulama Indonesia adalah tenda besar umat Islam, pengurus MUI adalah Khadimul Ummah, memelihara aqidah umat, memelihara ibadah, dan muamallah.

Disampaikan Ketua MUI kelak di Padang Masyar 7 golongan yang di beri naungan oleh Allah SWT. Salah satunya adalah pemuda yang taat beribadah kepada Allah SWT.
Dalam konteks organisasi pemuda Islam adalah pelopor, garda terdepan dalam melakukan perubahan.

Berbuatlah untuk kebaikan umat dan Islam. MUI dalam kepengurusan ini menetapkan Panca Tertib Diwal (Tertib Diri, Ibadah, Waktu, Administrasi dan Lingkungan).

Sebelumnya penanggung jawab kegiatan Dr.H Abdul Rahim, MA menyampaikan dan berharap kepada organisasi islam di Sumatera Utara.

Pertama, Mempererat Silaturahim antar sesama organisasi. Kedua, Membangun sinergitas Pemuda Islam. Ketiga, Meningkatkan kemampuan dan pemahaman pemuda Islam. Dan yang keempat saling berbagi informasi.

Pemateri pertama Dr. H.M.Nispul Khoiri, MA menyampaikan materi: Tantangan Pembinaan Ukhuwah Islamiyah Kepemudaan di Sumatera Utara.
Dijelaskan beliau Kebenaran yang tidak diorganisir, didesain, di menej dengan baik akan dikalahkan oleh kebatilan yang terorganisir dengan baik. Nispul melanjutkan Kemajemukan di Sumatera Utara adalah menjadi potensi dan kekuatan umat.

Ditengah kondisi yang sulit saat ini pemuda harus bersatu, menjadi motivator, inisiator dan harus menciptakan orientasi dakwah Islam kaffah, melaksanakan dan menjaga silaturahim. Pemuda harus punya skill, punya ide punya gagasan dan mampu mencari solusi dan penyelesaian persoalan.

Narasumber kedua. Dr. Zulham. S.H.I. M.Hum
Menyampaikan materi; Tantangan Pembinaan Ukhuwah Islamiyah. Peran Negara melaksanakan perlindungan, kesejahteraan dan keadilan kepada seluruh warganya.

Zulham menyampaikan konsep Hilful Fudhul adalah sebuah persekutuan para pemuka Makkah termasuk Muhammad yang terjadi pada abad ke -7 sebelum masa kenabian.
Persekutuan ini diadakan untuk menjaga ketertiban dan keadilan dalam perdagangan yang menjadi urat nadi kehidupan penduduk makkah.

Foto bersama pengurus MUI

Zulham berharap bukalah ruang komunikasi, kita punya idelogi yang hebat – hebat yang dibutuhkan adalah menjahit organisasi satu dengan organisasi lainnya agar menjadi kekuatan yang dahsyat.

Para peserta bersama pengurus sepakat mengingat banyaknya persoalan umat agar MUI Sumut memfasilitasi kegiatan serupa ini tidak hanya seremonial belaka namun ditindak lanjuti langkah – langkah kongrit yang lebih bermanfaat, sehingga dirasakan MUI sebagai tenda besar Umat.

Sinergitas Pemuda Islam Sumatera Utara Dalam Memperkuat Ukhuwah Islamiyah.


Dr. Irwansyah sebagai moderator menyampaikan peserta seminar dihadiri 32 orang, dengan 20 Organisasi. Diakhir acara masing- masing organisasi Kepemudaan Islam memberikan rekomendasi untuk disampaikan ke MUI untuk ditindaklanjuti.

Reporter: Abdul Aziz
Editor: Adm.

Please follow and like us:
Pin Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

YouTube
Instagram