MEDAN-RENTAKNEWS.COM-Sirih merah atau piper ornatum adalah tumbuhan merambat yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Disamping menanam sirih hijau, saat ini masyarakat banyak menanam sirih merah di pekarangan rumah mereka.

IKLAN

Daun sirih merah masuk dalam jajaran Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Daun sirih merah populer di dunia pengobatan herbal sejak dahulu kala. Dalam buku Daun Ajaib Tumpas Penyakit, yang ditulis Lina Mardiana dikatakan masyarakat Keraton Yogyakarta telah menggunakan daun sirih merah secara turun temurun untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit diantaranya diabetes, jantung, kanker atau tumor, batuk, sariawan dan radang mata. Bahkan sirih merah telah dipergunakan para putri keraton untuk merawat organ kewanitaannya.

Bagi ada yang belum mengenal sirih merah kami informasikan bahwa daun sirih merah memiliki daun berbentuk hati dengan warna merah keperakan. Bila disobek, daun sirih merah berlendir dan mengeluarkan aroma wangi.   Batang daun sirih merah berbentuk bulat berwarna hijau keunguan. Daun sirih merah, merupakan tanaman herbal rambat.  

Daun sirih merah mengandung banyak senyawa aktif seperti alkaloid, flavonoid, saponin, tanin, karvakol, dan eugenol. Tidak hanya itu, daun sirih merah bersifat antiflamasi, antioksidan, antikanker, dan antiseptik. Kandungan senyawa aktif dalam daun sirih merah inilah yang diklaim mampu menyembuhkan sejumlah penyakit itu. 

Berikut manfaat daun sirih sebagai obat herbal yang bisa menyembuhkan sejumlah penyakit.

1. Menyembuhkan diabetes. Daun sirih merah bermanfaat sebagai obat herbal diabetes. Hal ini disebabkan daun sirih merah mengandung alkaloid dan flavonoid yang berfungsi menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.  Untuk mendapatkan manfaatnya Anda cukup menyiapkan tiga lembar daun sirih merah setengah tua dan daun keenam atau ketujuh dari pucuk.  Anda iris daun sirih merah tipis-tipis lalu rebus dengan tiga gelas air atau 600 ml. Anda rebus daun sirih merah sampai mendidih dan menyisahkan air sekitar 1,5 gelas.  Anda minum 1/2 gelas air rebusan daun sirih merah tiga kali sehari setelah makan. 

2. Menyembuhkan sakit jantung. Daun sirih merah dipercaya efektif mengobati penyakit jantung sebagaimana ditulis dalam buku Sehat Alami dengan Herbal: 250 Tanaman Berkhasiat Obat. Anda hanya perlu merebus 3-4 lembar daun sirih merah yang sudah dicuci bersih. Rebus dengan air sebanyak 800 ml atau sekitar empat gelas sampai mendidih dan menyisakan air dua gelas. Saring dan minum selagi hangat dua kali sehari sebelum makan.

3. Menyembuhkan kanker atau tumor. Daun sirih merah dipercaya mampu menumpas penyakit kanker atau tumor karena bersifat antikanker dan mengandung alkaloid yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Dalam buku berjudul Kitab Tumbuhan Obat, yang ditulis Ir. R. Syamsul Hidayat, M.Si., Rodame M. Napitupulu, S.P.,M.M dikatakan ada dua cara mengolah daun sirih merah sebagai obat herbal kanker dan tumor.  Pertama, daun sirih merah segar direndam di dalam air selama 30 menit. Setelah itu dikeringkan selama satu jam. Saat sudah kering Anda simpan daun sirih merah di tempat kedap udara.  Kedua, Anda rebus daun sirih merah segar dengan dua gelas air. Anda rebus daun sirih merah sampai mendidih dan menyisahkan air sekitar satu gelas.  Anda bagi air rebusan daun sirih merah menjadi tiga dalam ukuran yang sama. Anda minum air rebusan daun sirih merah tersebut tiga kali sehari sebelum makan.  Sekedar info, cara kedua di atas khusus untuk mengobati penyakit tumor payudara.

4. Mengobati batuk. Media Siber Kompas.com melansir daun sirih merah efektif mengobati batuk. Caranya Anda ambil 10 lembar daun sirih merah segar yang tidak terlalu tua.  Anda rendam daun sirih merah di dalam alkohol 70% selama 30 menit agar bakteri mati.  Setelah itu, Anda rebus daun sirih merah dengan empat gelas air dan tambahkan 100 gram gula.  Anda rebus sampai mendidih dan menyisakan satu gelas air. Minum ramuan tersebut satu sendok tiga kali sehari.

5. Mengobati sariawan. Media Siber Kompas.com juga melansir bahwa daun sirih merah juga bermanfaat sebagai herbal untuk mengobati sariawan dan gusi berdarah.  Anda cukup menyiapkan daun sirih merah lima lembar. Anda cuci daun sirih merah sampai bersih lalu rebus dengan dua gelas air. Setelah air rebusan daun sirih merah mendidih dan menyisakan satu gelas air. Dinginkan dan gunakan untuk berkumur-kumur tiga kali sehari.

6. Meredakan radang mata. Daun sirih merah juga efektif meredakan radang mata. Siapkan empat lembar daun sirih merah agak muda.  Anda cuci lalu rebus dengan dua gelas air sampai mendidih dan menyisakan satu gelas air.  Setelah dingin, rendamkan mata yang sakit ke dalam air tersebut.

7. Merawat Organ Kewanitaan. Sejak zaman dahulu, daun sirih merah dipercaya efektif mengobati keputihan dan merawat organ kewanitaan. Hal ini disebabkan daun sirih merah bersifat antiseptik.  Bila Anda ingin mencoba merawat organ kewanitaan, Anda rebus delapan daun sirih merah tua yang sudah dipotong kecil-kecil dengan 800 ml air.  Setelah mendidih, Anda dinginkan air rebusan daun sirih merah. Lalu, Anda gunakan untuk membersihkan organ kewanitaan dua kali sehari. 

Namun yang perlu diingat untuk ibu menyusui dan perempuan hamil sebaiknya tidak  menggunakan daun sirih merah. Dan untuk anak-anak sebaiknya tidak menggunakan daun sirih merah secara berlebihan.

Dirangkum oleh Harun AR dari berbagai sumber.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here