Acara sosialisasi dilakukan secara during yg diikuti oleh Ketua TP PKK Kecamatan dan Bidan Desa se-Kabupaten Batubara.

Kamis, 09 September 2021, 9:40 WIB

IKLAN

BATUBARA-Rentaknews.com. Dipimpin langsung oleh Ketua TP PKK Kabupaten Batubara Ny. Maya Indriasari Zahir, SE dan didampingi Kadis Kesehatan drg. Wahid Khusyairi, MM, dengan Nara Sumber dr. M. Rizal Sangaji M.Ked (OG), Sp.OG, TP PKK Kabupaten Batubara sosialisasikan Vaksinasi untuk Ibu Hamil.

Acara sosialisasi dilakukan secara during yg diikuti oleh Ketua TP. PKK Kecamatan dan Bidan Desa se-Kabupaten Batubara di Aula Rumah Dinas Bupati Tanjung Gading. Rabu (1/9/2021).

Ny. Maya Indriasari Zahir, SE menyampaikan bahwa Ibu Hamil adalah kelompok yang rentan terpapar Covid-19.

“Sudah banyak kematian Ibu hamil karena Covid 19,” katanya.

Untuk itu Ny. Maya menghimbau agar TP PKK Kecamatan melakukan dan mengajak ibu-ibu hamil yang berada di wilayahnya utk melakukan vaksinasi serta mengharap dukungan Dinas Kesehatan Kabupaten Batubara beserta jajarannya untuk mengalokasikan vaksinnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batubara drg. Wahid Khusyairi menjelaskan bahwa, para ahli kandungan sudah memberikan rekomendasi untuk dilakukan vaksinasi bagi ibu hamil.

Untuk itu Dirjen Pencegahan Penyakit Kemenkes RI mengeluarkan edaran untuk dilakukan vaksinasi, dengan sasaran Ibu Hamil dengan melakukan penyesuaian dalam proses skrining dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

“Saat ini Ibu hamil yang sesuai dengan kriteria untuk divaksin sebanyak 1.373 orang di Kabupaten Batubara. Nanti akan kita lakukan vaksinasi dengan baik, agar ibu hamil yg divaksinasi benar-benar dalam keadaan yang sehat,” sebut Wahid.

Kemudian sebagai Narasumber dr. M. Rizal Sangaji, M. Ked (OG), Sp. OG menjelaskan pula bahwa, perkembangan kasus konfirmasi Covid-19 menunjukkan terjadinya peningkatan kasus pada ibu hamil yg terkonfirmasi Covid-19 disejumlah kota besar di Indonesia dalam keadaan berat (severe case).

“Wanita hamil memiliki peningkatan resiko menjadi berat apabila terinfeksi Covid-19, khususnya pada wanita hamil dengan kondisi tertentu,” paparnya.

dr. M. Rizal memaparkan pula bahwa, ada beberapa kriteria penting ibu hamil yg dpt divaksinasi seperri, usia kehamilan harus lebih 13 minggu, tdk ada riwayat alergi berat, tidak memiliki penyakit auto imun, atau sedang menjalani pengobatan autoimun, serta beberapa kriteria lainnya.

Untuk itu Kadis Kesehatan Kabupaten Batubara menegaskan bahwa, walaupun telah divaksin diminta kepada seluruh masyarakat tetap menjalani protokol kesehatan 5 M, karena menurutnya ini merupakan perlindungan diri yang paling efektif.

“Kemudian Ketua TP PKK Batubara akan bergerak cepat untuk melakukan Launching vaksinasi kepada ibu hamil pada Kamis, 02 Sept 2021 di Puskesmas Lima Puluh,” beber Wahid.

Reporter : Abdul Aziz
Editor : Adm

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here