9 Desember 2021

Siapa Kandidiat Panglima TNI dan Kepala BIN? Ini Kata Pakar

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa bersaing dengan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono menjadi calon Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Matra TNI AL menjadi kuat sebagai calon kandidat Panglima TNI

Jumat 10 Sep 2021 10:35 WIB

JAKARTA–Rentaknews.com. Siapakah kandidat Panglima TNI pengganti Hadi Tjahjanto? KASAL Yudo Margono ataukah KASAD Andika Perkasa?  

Direktur Rumah Politik Indonesia, Fernando Ersento Maraden Sitorus, punya analisa soal isu reshuffle yang mengemuka pasca masuknya PAN ke kabinet pemerintahan Presiden Jokowi. Baca Juga

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (tengah) bersama Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono (kiri) dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (kanan) saat memberikan keterangan pers terkait temuan serpihan dari KRI Nanggala 402 yang berhasil ditemukan oleh tim penyelamat, Sabtu (24/4).

Dia menduga Budi Gunawan akan menduduki posisi Menkopolhukam dan Yudo Margono jadi Panglima TNI. 

Fernando mengatakan pada reshuffle yang akan datang kemungkinan besar posisi Panglima TNI yang ditinggalkan Hadi Tjahjanto akan diisi KASAL Yudo Margono. Menurutnya, Presiden Jokowi akan tunduk pada ketentuan yang diatur UU TNI.  https://6d0dcf6c953cf81298a28692a8278eba.safeframe.googlesyndication.com/safeframe/1-0-38/html/container.html

“Berdasarkan UU matra AL berkesempatan mengisi posisi posisi Panglima TNI. Selain itu Presiden Jokowi juga berkepentingan untuk menjaga soliditas dukungan TNI,” kata Fernando kepada Republika.co.id, Kamis (9/9). 

Fernando memprediksi KSAD Andika Perkasa tak akan menjabat Panglima TNI karena melangkahi ketentuan. Menurutnya, Presiden Jokowi akan mempercayakan kepada Andika untuk memimpin BIN.  

“Panglima TNI sebelum Hadi Tjahjanto dua kali berturut-turut dari matra AD yaitu Moeldoko dan Gatot. Presiden Jokowi Memerlukan dukungan yang solid dari TNI sehingga menjadi alasan kuat untuk mempertahankan tradisi yang diatur oleh UU,” ujar Fernando. 

Selanjutnya, Fernando menilai Budi Gunawan akan dipercaya untuk memimpin Kemenkopolhukam menggantikan Mahfud MD. Menurutnya, Budi Gunawan merupakan orang kepercayaan di lingkaran satu. 

“BG yang sangat memberikan peran penting terhadap situasi negara pasca pilpres 2019 sangat dibutuhkan oleh Presiden Jokowi untuk mengisi Menko Polhukam. Sedangkan Mahfud MD yang merupakan guru besar hukum sangat dibutuhkan Jokowi untuk mengisi posisi Jaksa Agung,” ucap Fernando.   

Sumber Berita : https://www.republika.co.id/berita

Editor : Adm

Please follow and like us:
Pin Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

YouTube
Instagram