Kadis Hanalore Simanjuntak bersama Media Rentaknews Abdul Aziz dan Tauhid Ichyar.

Kamis 23 September 2021 14:55 WIB

IKLAN

Medan-Rentaknews.com. Bertempat di Grand Mercure Angkasa dilaksanakan sosialisasi Perlindungan dan kepastian Hukum terhadap Tenaga kerja selasa (21/9/2021).

Perlindungan hukum terhadap tenaga kerja adalah pemenuhan hak dasar yang melekat dan dilindungi oleh Konstitusi UUD 1945 pasal 27 ayat (2) dan pasal 28 d, Bahwa tiap – tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusian, dan setiap orang berhak atas pengakuan, jaminan, perlindungan dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama dihadapan hukum.


Pelanggaran terhadap hak dasar yang dilindungi konstitusi merupakan pelanggaran hak asasi manusia, ini dipaparkan dalam sosialisasi oleh Kepala Bidang Kepesertaan Korporasi Eriadi. Sebelumnya acara sosialisasi dibuka Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan, Hanalore Simanjuntak.

Peserta BPJS Ketenagakerjaan dapat memberikan rasa aman, perlindungan kepastian hukum bagi para pekerja.

Hana dalam sambutannya menyampaikan bahwa,” Dinas Ketenagakerjaan yang dipimpinnya siap bekerjasama dengan dengan pihak manapun, begitu juga dengan BPJS Ketenagakerjaan kami selalu siap berkolaborasi,” ujar Hana didepan 105 orang peserta sosialiasi.

Dalam Undang -Undang Nomor 40 tahun 2004 tentang sistem Jaminan Sosial Nasional dan Undang – Undang Nomor 24 tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

“Undang – undang menjamin memberikan kompensasi dan rehabilitasi bagi tenaga kerja yang mengalami kecelakaan pada saat mulai berangkat kerja sampai tiba kembali dirumah, termasuk perjalanan dinas atau menderita penyakit akibat hubungan kerja;” ujar Fadly Kepala Bidang Kepesertaan Program Khusus.

Manfaat dan terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan dapat memberikan rasa aman, perlindungan kepastian hukum bagi para pekerja, pekerja lepas, UMKM, buruh dan lain sebagainya tentunya ada hak dan kewajiban yang dipenuhi oleh peserta maupun oleh pihak BPJS. Hendaknya implementasi dilapangan sesuai dengan aturan yang berlaku, itu harapan dari peserta sosialiasi ini.

Reporter : Abdul Aziz
Editor : Adm

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here