Strategi Ketahanan Pangan pada Masa Pandemi Covid-19, di Kabin Kupi Aek Ledong, Kabupaten Asahan.

IKLAN

Asahan-Rentaknews.com. Mengokohkan Semangat kontribusi Pada Sektor pertanian, Dewan Pengurus Cabang Pemuda Tani Indonesia (DPC PTI) Kab.Asahan Melakukan Dialog Sekaligus Penyuluhan Kepada Petani, Kelompok Tani, dan Tokoh Masyarakat Desa dengan Tajuk : Strategi Ketahanan Pangan pada Masa Pandemi Covid 19 di Kabin Kupi Aek Ledong, Kabupaten Asahan. (24/09/2021).

Adapun Nara Sumber pada kegiatan ini, diantaranya : Muhammad Fadly Abdina, SP, M.Si (Ketua DPD Pemuda Tani Indonesia Sumut/Wakil Ketua HKTI Sumut), Ir. Amir Husin Siregar, M.MA (Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Asahan), Faisal Hendra Siregar, SP Kepala Seksi Produksi TPH Dinas Pertanian Kabupaten Asahan, dan Langsung dipandu Oleh Muhammad Reza Andika, S.Agt (Ketua DPC PTI Asahan/Anggota DPRD Asahan)

Dalam Materinya M.Fadly Abdina, SP, M.Si Selaku Ketua PTI Sumut sekaligus Wakil Ketua HKTI Sumut menyampaikan persoalan sektor Pertanian Kompleks oleh karenanya setiap Individu kita harus Peduli pada sektor pertanian.

“Persoalan ketahanan pangan tidak terlepas dari pengelolaan Tata kelola pangan yang berlandaskan majemen sistem agribisnis,” Ujar Fadly Abdina.

“Pengelolaan Sistem Agribisnis Terintegrasi dari Hulu hingga hilir oleh karenanya dari mulai penyediaan input produksi (pupuk, Benih, dll), Proses budidaya, pasca Panen, dan Faktor pendukung (Penyuluhan, Permodalan, Jaminan Resiko, dll) harus dapat menjadi kesatuan yang dapat menopang Aktivitas Usahatani petani oleh sebab itu tanpa terkecuali setiap individu kita harus ambil bagian untuk berbuat pada perkembangan Sektor pertanian,” Jelas Fadly Abdina.

“Kepada Generasi Muda khususnya pengurus DPC PTI/HKTI Kab. Asahan agar senantiasa tergerak untuk turun ke desa, sebab didesa kita dapat mengetahui berbagai permasalahan yang dialami para petani kita,” tutup Fadly Abdina.

Baca Juga :

Dalam kesempatan yang sama, Ir. Amir Husin Siregar, M.MA (Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Asahan) meyampaikan Pemkab Asahan siap Memfasilitasi kebutuhan Petani.

“Kami Siap memfasilitasi berbagai Kebutuhan petani, Jika ada kebutuhan Petani yang belum tertampung pada APBD Asahan maka kaminakan perjuangkan pada APBD Provinsi hingga Anggaran APBN sehingga para petani di Asahan dapat maju dan Sejahtera,” ujar Amir Husin Siregar.

Muhammad Reza Andhika, S.Agt selaku Ketua DPC PTI Asahan mengapresiasi Dukungan Dari Pemkab Asahan dan secara organisasi bersedia menjembatani kepentingan Petani Asahan.

“Sebagai Organisasi Masyarakat/kepemudaan, Kami DPC PTI Asahan Apresiasi kepada Pemkab Asahan melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan untuk Bersinergi dan menjembatani berbagai Aspirasi petani di Asahan”, Ujar Reza Andhika.

“Semoga Petani di Asahan dapat maju dan sejahtera”, Tutur Reza Andhika.

Kegiatan tersebut dihadiri juga oleh Sekretaris HKTI/PTI Sumatera Utara (Muhammad Syah, S.Ag), Camat Kecamatan Aek Ledong diwakili Sekcam (Afifuddin, A.Md), Pengurus PTI Sumut, dan Pengurus PTI dari beberapa kecamatan Kabupaten Asahan.

Reporter : Abdul Aziz
Editor : Adm

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here