7 Desember 2021

Bidang Ukhuwah Islamiyah MUI, Selenggarakan Dialog Bersama Ormas Islam.

Foto bersama Bidang Ukhuwah Islamiyah MUI.

Jum’at 01 September 2021, 11:20 WIB

Medan-Rentaknews.com. Ormas-ormas Islam agar bersatu dalam menjawab tantangan dan kepentingan umat, hal ini disampaikan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Sumatera Utara dalam kegiatan dialog bersama Pimpinan Ormas- ormas Islam se Sumatera Utara di Aula MUI, Jl. Majelis Ulama/ Sutomo ujung No. 3 medan.

Dalam arahannya, Ketua MUI Sumut, Dr. H. Maratua Simanjuntak menekankan bersatunya Ormas Islam akan menjadi satu kekuatan yang mendorong terciptanya kemaslahatan umat.

Majelis Ulama Indonesia sebagai tenda besar umat berharap agar ormas Islam tidak terpecah-pecah hanya untuk kepentingan sesaat dan kepentingan pribadi. Jika ada perbedaan hendaknya saling menghargai.

Sepakat kita bersatu dan Waspada terhadap kondisi saat ini. Sebagai tenda besar Umat MUI menyampaikan, “Musuh kita Komunis, PKI sudah bubar tapi ideologi komunis masih eksis, 200 an orang anggota DPR RI itu menganut paham komunis ujar Maratua mengutip pernyataan Salim Said.” Maratua menambahkan perlu waspada terhadap aliran sesat yang berkembang saat ini, ada 10 kriteria aliran sesat diantaranya.

Tidak mengakui Rasulullah sebagai Nabi terakhir. Menambah kewajiban sholat yang tidak sesuai dengan Tuntunan Rasulullah. Disinggung beliau tingkat perceraian kian meningkat ini juga menjadi urusan kita bersama, diakhir arahannya Ketua MUI minta ada rekomendasi hasil dari dialog ini.

Sementara Ketua Bidang Ukhuwah Islamiyah, Dr. H. Abdul Rahim, M. Hum dalam dialog ini mengangkat, ” Thema”Membangun Sinergi Umat Islam Sumatera Utara dalam Memperkuat Ukhuwah dan Menciptakan Kedamaian Dunia”. Ada tiga kata kunci yang perlu mendapatkan stressing point dan menjadi perhatian kita
bersama. Adapun tiga kara kunci tersebut yakni, Sinergi, Ukhuwah dan Kedamaian.

Foto Bersama Pengurus MUI Prov. Sumut Bidang Ukhuwah Islamiyah MUI dengan Pimpinan Ormas Islam Sumatera Utara.

Sinergi memiliki makna sebagai sebuah proses dan interaksi yang menghasilkan suatu keseimbangan yang harmonis yang dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dan berkualitas ujar Rahim.

Pembicara dalam dialog ini Prof. H. M Hatta selaku Ketua Bidang Dakwah MUI Sumut, serta Prof. Syahrin Harahap Rektor UIN SU dipandu moderator Dr. H. M Yafiz Dekan FEBI UIN SU.

Baca Juga :

Prof. Syahrin Harahap mengajak ormas islam bersinergi membangun kekuaatan umat dan melahirkan pokok pikiran yang berguna untuk umat. ” Saya mendorong pemuda, dalam hal ini mahasiswa UINSU menjadi penggerak pengadaan makanan halal dikawasan wisata, saat ini belum banyak kawasan halal, maka itu perlu kita wujudkan dengan menggerakkan potensi mahasiswa. Kerja dan usaha mereka akan berdampak pada masyarakat luas,” ujarnya.

Syahrin juga mencanangkan gerakan mahasiswa UIN menghapal Al Quran dan bisa diandalkan dalam pelaksanaan fardhu kifayah. “Generasi seperti itulah yang harus kita ciptakan agar terbangun sinergi kebutuhan umat ditengah masyarakat”, ujarnya lagi.

Pembicara kedua Prof. H. M . Hatta menyampaikan mengapa perlunya Ukhuwah Islamiyah? Sebab, Ukhuwah merupakan karakteristik istimewa dari sworang mukmin yang sholeh. “Ukhuwah sangat penting untuk terwujudnya Islam yang utuh, kompak dalam kebersamaan.” sebutnya.

Saat ini ikatan Ukhuwah telah mulai pudar oleh kepentingan kekuasaan sehingga kewajiban terlupakan. Ormas islam perlu meningkatkan kerjasama program dan kegiatan antar ormas Islam.

“Meningkatkan intensitas dialog keakraban, silaturahim dan temu ukhuwah, serta melakukan kajian kontemporer secara bersama. Memanfaatkan media sosial sebagai sarana peningkatan pemahaman tentang Islam yang berspektif ukhuwah Islamiyah,” ujarnya mengakhiri presentasenya.

Dialog ini ditutup oleh Ketua Komisi Ukhuwah Islamiyah Drs. T. H Darmansyah dengan membacakan rekomendasi yang akan disampaikan kepada Ketua MUI.

Reporter : Abdul Aziz
Editor : Adm

Please follow and like us:
Pin Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

YouTube
Instagram