7 Desember 2021

Andika Perkasa dan Usia Pensiun Panglima TNI

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa

Sesuai proses di DPR, panglima TNI baru bakal dapat dipastikan lima hari mendatang. 

Kamis 04 Nov 2021 09:00 WIB

JAKARTA-Rentaknews.com. DPR RI telah menerima surat presiden (Supres) pengganti panglima TNI hari ini, Rabu (3/11) hari ini. Lembaga legislatif itu akan menggelar uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) selama dua hari, yakni Kamis (4/11) besok dan Jumat (5/11) lusa.

Nama Andika, yang saat ini menjabat kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), bukanlah sebuah kejutan untuk menggantikan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang memasuki masa pensiun pada akhir November 2021. Baca Juga

Mensesneg Pratikno menyerahkan Surpres Presiden Joko Widodo kepada Ketua DPR Puan Maharani usai memberikan keterangan di Media Center DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (3/11). DPR telah menerima Surat Presiden (Surpres) mengenai pencalonan KSAD Jenderal Andika Perkasa sebagai calon tunggal Panglima TNI mengantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan memasuki masa pensiun.

Dari sisi angkatan, Andika lebih senior dibandingkan dua kepala staf. Andika merupakan lulusan Akademi Militer 1987, sedangkan Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono dan Marsekal TNI Fadjar Prasetyo lulusan 1988. 

Selain soal angkatan, pengamat komunikasi politik dan militer dari Universitas Nasional (Unas) Jakarta, Selamat Ginting, menyebut kedekatan sosiologis dan psikologis antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Jenderal Andika Perkasa. Bahkan, Ginting mengatakan, Jokowi sudah lama mempersiapkan pria yang mengawali karier sebagai perwira pertama infanteri Kopassus Grup 2/Para Komando untuk menjadi orang nomor satu di TNI. 

Ia mengatakan, Jokowi mempersiapkan Andika bersamaan dengan penetapan Marsekal Hadi Tjahjanto menjadi Panglima TNI pada Desember 2017. “Dipersiapkan menjadi KSAD untuk kemudian menjadi Panglima TNI menggantikan Hadi Tjahjanto,” kata Ginting kepada Republika, Rabu.

Apalagi, ia mengatakan, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno ke Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Gambir Jakarta Pusat pada 11 Oktober 2021 lalu. Andika bertemu dengan Pratikno yang merupakan orang kepercayaan Presiden Jokowi.

“Mensesneg diduga memberikan kabar dari Presiden mengenai penjajakan Jenderal Andika Perkasa akan menjadi calon Panglima TNI,” ujarnya.

  • Sumber Berita : https://www.republika.co.id/berita
  • Editor : Adm
Please follow and like us:
Pin Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

YouTube
Instagram