Yasmin Khamila Husain mewakili kelompok 4 untuk Mata Kuliah Program Linier

Sabtu 13 Nopember 2021 15:00

IKLAN

Medan-Rentaknews.com. Persamaan kuadrat merupakan salah satu materi Matematika yang harus diajarkan kepada peserta didik di kelas X semester genap sesuai kurikulum 2013. Materi ini memiliki kompetensi dasar yang harus dicapai, yaitu medeskripsikan berbagai bentuk ekspresi yang dapat diubah menjadi persamaan kuadrat.

Nazillah Ramahtillah melakukan penelitian yang bertajuk, “Pembelajaran Materi Persamaan Kuadrat Melalui Pendekatan Open – Ended di kelas X MAN 3 Banda Aceh”.
Pendekatan Open – Ended merupakan jenis pendekatan yang memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menjawab pertanyaan dengan banyak cara yang penyelesaiannya bersifat benar.

Menurutnya, penerapan pendekatan Open – Ended pada materi persamaan kuadrat terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap pendahuluan, tahap pengembangan, tahap penerapan, dan penutup.

Ini disampaikan kepada media Rentaknews, Kamis (11/11/2021) bersama rekan-rekan sesama mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika dari Universitas Negeri Medan (Unimed) yang terdiri dari:

Syahrir Sasri Habibi (4193111040), Anri Parsaulian Nainggolan( 4193111067),
Angela Farida P. Sitorus (4193111068), Dian Arisha (4193111080), Yasmin Khamila Husain (4193083).

Dijelaskan bahwa pendekatan Open – Ended ini adalah Mata Kuliah Program Linier, kelas PSPM C 2019 dan PSPM D 2019 dengan Dosen Pengampu : Ibu Erlinawaty Simanjuntak, S. Pd., M. Si. Pada tahap pendahuluan open – ended dapat dimulai dengan memotivasi peserta didik, menjelaskan tujuan pembelajaran, dan manfaat mempelajari materi persamaan kuadrat dalam keseharian.

Universitas Negri Medam

Tahap pengembangan open – ended dapat dilakukan guru dengan cara membuat kelompok belajar, membagikan lembar kerja peserta didik pada tiap – tiap kelompok, serta menjelaskan cara penyelesaian lembar kerja tersebut.

Tahap penerapan open – ended meliputi pengawasan pengerjaan lembar kerja oleh guru, memberikan kebebasan kwpada peserta didik untuk memilih cara penyelesaian yang ada, meminta peserta didik untuk menulis hasil diskusi kelompoknya di depan kelas, dan diakhiri dengan merangkum hasil pembelajaran.

Tahap penutup open – ended dilakukan dengan membuat kesimpulan dan mencatat hal-hal yang dianggap penting serta memberikan tugas kepada peserta didik untuk dikerjakan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan Nazillah Ramahtillah, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan pendekatan open – ended pada materi persamaan kuadrat lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran tanpa menggunakan pendekatan open – ended.

Hasil ini merupakan representasi dari peserta didik kelas X MAN 3 Banda Aceh pada tahun 2016. Jelas Yasmin Khamila Husain mewakili kelompok 4 untuk Mata Kuliah Program Linier ini pungkasnya.

Reporter: Abdul Aziz
Editor: Adm

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here