Sejumlah warga melintasi banjir untuk mengungsi di Desa Semboro, Semboro, Jember, Jawa Timur, Jumat (19/11/2021). Banjir kembali melanda tiga kecamatan di Jember yang diakibatkan akibat curah hujan lebat sejak kamis (18/11/2021) sore.

 Kamis, 25 November 2021 09:00 WIB

IKLAN

Jakarta-Rentaknews.com. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat untuk waspada akan potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang di sejumlah daerah di Indonesia pada Kamis.

Dalam sistem peringatan dini cuaca, BMKG memprakirakan wilayah yang berpotensi mengalami hujan lebat disertai petir hingga angin kencang seperti di Aceh, Bali, Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Gorontalo.

Kemudian Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Maluku Utara.

Baca juga: Hujan lebat berpotensi terjadi di timur Indonesia, berisiko banjir

Baca juga: Kaltim diprakirakan alami hujan lebat disertai petir pada Rabu-Kamis

Lalu di Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, Papua Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, dan Sumatera Selatan.

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini potensi gelombang tinggi hingga mencapai empat meter di perairan Kepulauan Mentawai, Kep. Enggano, Lampung, Samudera Hindia Barat Sumatera, Selat Sunda bagian barat dan selatan.

Lalu perairan selatan Pulau Jawa, Samudera Hindia selatan Jawa hingga NTB, laut Natuna utara, dan kepulauan Utara Kep. Natuna.

​​​​​​Kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada.*

Baca juga: Bibit Siklon Tropis 90S jadi Siklon Paddy, potensi hujan lebat di Jawa

Baca juga: BMKG: Empat kabupaten di NTT miliki curah hujan kategori sangat tinggi

Sumber Berita : https://www.antaranews.com/berita
Editor: Adm

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here