Search Yahoo.com. Pohon

Jum’at, 26 Nopember 2021 09:00 WIB

IKLAN

Medan-Rentaknews.com. Berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 24 tahun 2008 tanggal 28 November di tetapkan sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia, yang dimaksudkan memberi kesadaran dan kepedulian kepada masyarakat tentang pentingnya pemulihan kerusakan sumber daya hutan dan lahan melalui penanaman pohon.

Pentingnya pohon untuk makhluk hidup sebagaimana kita ketahui, perubahan iklim hampir mempengaruhi semua sektor kehidupan masyarakat. Pohon mempunyai peran yang sangat penting bagi makhluk hidup. Pohon menjaga suhu bumi agar tetap sejuk, menyerap karbon dan menyaring polusi udara, pohon juga memitigasi bencana alam dengan menstabilkan tanah dan mencegah erosi.

Kemampuan pohon menyerap CO2 merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengatasi perubahan iklim. Penyebab utama dari perubahan iklim adalah pningkatan konsentrasi Gas Rumah Kaca (GRK) di atmosfer bumi yang disebabkan oleh aktivitas manusia (antropogenik).

CO2 merupakan salah satu gas rumah kaca utama pemicu perubahan iklim melalui proses fotosintesis, pohon menyerap CO2 menyimpan carbon dan menghasilkan oksigen yang dibutuhkan makhluk hidup. Ada banyak manfaat jangka pendek maupun jangka panjang yang bisa didapatkan dengan menanam pohon.

Dalam petunjuk teknis penanaman spesies pohon penyerap polutan udara yang diterbitkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tahun 2015, bahwa 1 hektare Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang dipenuhi pohon besar dapat menghasilkan 0,6 ton oksigen (O2) untuk 1.500 penduduk per hari dan menyerap 2,5 ton Carbon Dioksida (CO2) per tahun.

Sebagai salah satu pemilik hutan tropis terbesar di dunia, Indonesia memiliki arti strategis dalam menangani perubahan iklim. Indonesia telah memberikan kontribusi nyata bagi dunia, indonesia dapat menekan deforestasi ke titik terendah dalam 20 tahun terakhir.

Manfaat Menanam Pohon Untuk Kesehatan Tubuh dan Lingkungan.

Polusi udara sudah menjadi konsumsi masyarakat perkotaan, jika dibiarkan, polusi udara lama-lama membahayakan kesehatan tubuh. Maka dari itu perlu adanya langkah pencegahan yang nyata guna mengatasi masalah polusi udara di lingkungan.
Disinilah manfaat menanam pohon tidak bisa diremehkan.

  1. Membuat udara jadi lebih bersih.
  2. Menjaga kesehatan mental.
  3. Mengurangi paparan sinar UV ke kulit.
  4. Mengurangi dampak perubahan iklim.
  5. Mencegah polusi udara.
  6. Menambah cadangan air tanah.
  7. Menjaga populasi makhluk hidup
  8. Mencegah banjir.
  9. Mencegah erosi tanah.
  10. Hemat energi.

Betapa besarnya manfaat menanam pohon untuk keberlangsungan kehidupan makhluk di bumi, dan kita bertanggungjawab untuk memberikan kehidupan yang sehat kepada anak cucu kita dikemudian hari.

Penulis: Abdul Aziz
Editor: Adm

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here