11 Agustus 2022

Lazismu Marelan, Memberdayakan Masyarakat Menebarkan Manfaat

121 Pengunjung

Medan-Rentaknews.com – Kantor Layanan (KL) Lembaga Amil, zakat, infak dan sedekah Muhammadiyah (LazisMu) Medan Marelan terus berkhidmat memberdayakan masyarakat melalui pendayagunaan zakat, infak, sedekah dan dana keagamaan lainnya baik dari perseorangan dan lembaga melalui program produktif. LazisMu bekerjasama dengan pelbagai pihak di antaranya Bank Syariah Indonesia (BSI), Basarnas, lembaga kemanusiaan, LSM, ormas Islam dan lembaga dakwah.

Kepala Kantor Layanan (KL) LazisMu Medan Marelan, Dedi Iskandar (39) mengungkapkan hal itu kepada Wartawan Rentaknews.com, di kantor layanan LazisMu, Rabu (1/12).

Dedi Iskandar menambahkan, untuk merealisasikan program itu, sehari-hari dia dibantu 4 staff dan beberapa orang tenaga sukarela. Bahkan KL LazisMu Medan Marelan bekerjasama dengan beberapa lembaga kemanusiaan, Bank Syariah Indonesia (BSI) Unit Marelan, Basarnas, Ormas Islam, lembaga dakwah dan Mesjid Muhammadiyah/umum seputar Marelan.

Dia menyebut, melalui program yang terpadu dan tepat sasaran, LazisMu Medan dalam rentang waktu Juni 2020 sampai saat ini telah melakukan berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan yang terdampak pandemi covid-19.

“Mengingat pada masa itu keterpurukan ekonomi masyarakat dan lemahnya daya beli, PPKM ikut memperparah ruang gerak masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dengan sigap KL LazisMu Medan Marelan menyalurkan bantuan yang bermanfaat,” ujarnya.

Selan itu, katanya, KL LazisMu Medan Marelan memberikan bantuan berupa sembako bagi kaum duafa dan orang miskin sebanyak 250 paket, pemberian takjil 1000 paket di bulan Ramadan (April 2021), pemberian bantuan usaha UMKM sebanyak 15 orang (September 2021), pemberian bantuan dana perbaikan rumah 2 orang warga Jalan Datuk Rubiah terdampak kebakaran (Oktober 2021) korban kebakaran, pemberian bantuan dana kesehatan seorang warga lingkungan 25 Rengas Pulau, Zikiri (1,7) korban konslet listrik, cacat fisik di tangan (Nopember 2021).

“Peran BSI Unit Marelan yaitu menggalang donator melalui program infak, zakat dan sedekah. Sedangkan lembaga/ormas lainnya ikut membantu/memperlancar kegiatan program yang telah disusun. Program Jum’at berbagi disalurkan ke Mesjid-mesjid berupa nasi bungkus, roti dan makanan lainnya rutin dilakukan,” sebut Dedi.

Dalam aktivitas harian, LazisMu mengajak masyarakat yang dermawan berperan sebagai donator, baik sebagai donator tetap maupun donatur tidak tetap. Sistem jemput bola dilakukan untuk memudahkan menghimpun dana. Staf marketing dan staf Fun Racing menyebarkan kotak infak di mesjid-mesjid yang bekerjasama dengan pihak LazisMu.

Ia menambahkan, Ada tabungan Filantropis yang di sebar diberbagai sekolah seputaran Marelan. Ada tabungan Akhirat yang di sebar diberbagai lokasi usaha seperti toko-toko, rumah makan, cafe, warung-warung dan restoran.

“Dalam waktu dekat, Minggu (12/12) mendatang, kami mengadakan donor darah bekerjasama dengan BKM Mesjid Al-Ridho jalan Jala Pringgan Kelurahan Paya Pasir, disponsori Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Medan”, ujar Dedi.

Direncanakan kegiatan ini berlangsung dari jam 08.00 – 12.00 WIB berlokasi di pelataran Mesjid Al Ridho. Ditargetkan sebanyak 50 orang pendonor yang bersedia. “Bagi yang ingin berpartisipasi dapat menghubungi LazisMu Medan Marelan dan BKM Al Ridho”, pungkasnya. (r/rudi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *