26 Mei 2022

Kesbangpol Sumut Luncurkan Aplikasi Sistem Pelayanan Ormas

126 Pengunjung

Medan-Rentaknews.com : Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Sumatera Utara, Jum’at (3/12/2021) melakukan terobosan baru dengan meluncurkan Aplikasi Sistem Pelayanan Organisasi Kemasyarakatan (Simpel Ormas) di Grand Mercure Hotel Jalan Perintis Kemerdekaan Medan.

Aplikasi yang digagas Kepala Bidang III Ketahanan Ekonomi dan Budaya Badan Kesbangpol Sumut Zulham Effendi Siregar ini diharapka bisa mempermudah proses pendaftaran dan pelaporan organisasi kemasyarakatan di daerah ini ke Badan Kesbangpol Sumatera Utara.

“Selama ini sistem pendaftaran dan pelaporan ormas ke Badan Kesbangpol dilakukan secara manual sehingga sangat merepotkan karena harus membawa banyak dokumen fisik yang cukup banyak ke kantor Badan Kesbangol Sumut.

Saking banyaknya ruangan Kabid III Badan Kesbangpol Sumut dipenuhi dokumen fisik pendaftara ormas di Sumatera Utara yang jumlahnya mencapai ribuan itu,”kata Zulham lagi ketika memaparkan sistem aplikasi ini di hadapan para Ketua Ormas yang menghadiri peluncuran aplikasi ini.

Menurut Zulham, aplikasi ini sangat simple, mudah, cepat dan akuntable sehingga sangat memudahkan bagi pengurus ormas. Karena tidak perlu lagi repot-repot membawa berkas pendaftaran ormas mereka ke kantor Badan Kesbangpol. Pengurus ormas cukup membuka apilikasi ini di internet dan mengisi data-data yang diperlukan. Setelah data-data lengkap dan diverifikasi oleh admin maka ormas tersebut akan langsung memperoleh Surat Tanda Terdaftar dari Badan Kesbangpol Sumut.

“Jadi tinggal print dari kantor masing-masing. Tapi bukan berarti pengurus ormas tidak perlu datang ke kantor Badan Kesbangpol Sumut. Silaturrahim harus tetap ada, jangan sampai putus pula silaturrahim gara-gara aplikasi ini,” kata Zulham.

Peluncuran aplikasi ini langsung dilakukan Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sumatera Utara Syafruddin, SH, MH ditandai dengan pemukulan gong dan disaksikan Sekretaris Badan Kesbangpol Sumut Alfian Hutahuruk, MPd, para Ketua Ormas dan Ketua-ketua Forum Strategis Pemprovsu.

Dalam sambutan singkatnya Syafruddin mengatakan peluncuran aplikasi ini merupakan komitmen Badan Kesbangpol dalam menfasilitasi keberadaan organisasi kemasyarakatan di Sumatera Utara.

“Aplikasi ini adalah terobosan baru yang dilakukan Badan Kesbangpol Sumut dalam rangka mendukung visi dan missi Sumut Bermartabat,” kata Syafruddin.

Sebelum peluncuran aplikasi ini diadakan Diskusi Panel dengan narasumber Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara dan Pengamat Politik Dr. Shohibul Anshor Siregar dengan topik “Ormas Kuat Negara Kuat”.

Menurut Shohibul, sesuai dengan perkembangannya, masyarakat akan terus mengembangkan cara dan bentuk organisasi kemasyarakatan yang relevan untuk memastikan pertahanan dirinya (survival) dari degradasi dan kepunahan dalam dimensi ruang dan waktu.

Sementara itu Sekretaris Badan Kesbangpol Sumut Alfian Hutahuruk ketika membuka diskusi mengatakan peran ormas dalam konstelasi pergerakan kemerdekaan Indonesia sangat besar sekali.

”Ormas bisa dikatakan sebagai pemegang saham tersebar Republik Indonesia ini,” pungkas Alfian. (hrn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *