11 Agustus 2022

Mendikbudristek Sebut PTM Sudah Bisa Dilakukan secara Penuh, Jumlah Murid yang Dibatasi

125 Pengunjung

Jakarta-Rentaknews.com. Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim mengatakan, Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 tidak mengatur berapa hari sekolah dan berapa jam sekolah.

Kata dia, satu-satunya yang diatur adalah kapasitas kelas. Artinya, sejak kemarin sekolah sudah bisa melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) secara penuh, hanya saja dibatasi jumlah muridnya.

“Jadi sebenarnya semua sekolah yang sudah PTM terbatas itu bisa melakukan tiap hari asal di dalam kelasnya 18 orang,” ungkap dia dalam Rapat Kerja bersama Komisi X DPR RI, Rabu (1/12) kemarin.

Namun, tentunya pemerintah daerah (pemda) yang memiliki kewenangan untuk waktu pembukaan sekolah. Di mana banyak dari mereka yang membatasi 3 kali PTM dalam seminggu.

“Kebanyakan peraturan dikeluarkan oleh masing-masing daerah, masing-masing daerah menambahkan peraturan yang lebih ketat daripada standar kita,” imbuhnya.

Diharapkan, dengan SKB versi baru yang akan diterbitkan dapat memperjelas hak sekolah dan kriteria untuk bisa melaksanakan tatap muka. Begitu juga kewenangan daerah untuk bisa menutup sekolahnya.

“Itu akan diperjelas dan akan kami perinci, sebentar lagi akan kami umumkan juga agar mendorong lebih cepat (PTM full),” tandas dia. (r/fajar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *