24 Mei 2022

7 Desember Peringatan Hari penerbangan sipil International

197 Pengunjung

Medan – Rentaknews.com.Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa mengumumkan bahwa 7 Desember ditetapkan sebagai Hari Penerbangan Sipil Internasional atau International Civil Aviation Day.

Tujuan dari hari Penerbangan Sipil International adalah untuk memberikan, membangkitkan dan memperkuat kesadaran di seluruh dunia akan pentingnya penerbangan sipil internasional bagi perkembangan sosial dan ekonomi negara.

Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) berperan dalam membantu Negara-negara untuk bekerjasama dan mewujudkan jaringan angkutan cepat global yang sesungguhnya untuk melayani seluruh umat manusia.

PBB dan negara-negara anggotanya telah mengadopsi agenda 2030.

Adopsi tersebut menunjukkan dimulainya era baru dalam pembangunan berkelanjutan global.
Salah satunya adalah tentang pentingnya penerbangan sebagai sebuah mesin konektivitas global sebagai perwujudan dari konvensi Penerbangan sipil International atau lazim disebut Konvensi Chicago.

Mulai tahun 2020 hingga 2023 International Civil Aviation Organization (ICAO) telah memutuskan bahwa tema Hari Penerbangan sipil International yaitu, “Memajukan Inovasi Untuk Pengembangan Penerbangan Global”
Organisasi ICAO adalah badan Perserikatan Bangsa – Bangsa (PBB) yang bertanggungjawab untuk mengembangkan standar internasional untuk keselamatan penerbangan.

ICAO bekerjasama dengan anggota PBB lainnya termasuk Organisasi Meteorologi Dunia (World Meteorological Organization), Persatuan Telekomunikasi Internasional, Persatuan Pos Universal, Organisasi Kesehatan Dunia dan Organisasi Maritim Internasional.

Sekjen PBB Antonio Guterres meyampaikan pesan penting bahwa penerbangan internasional memainkan peran kunci dalam kehidupan manusia, ini memungkinkan kita menemukan keragaman geografis dan budaya yang menakjubkan di dunia ini.

Manfaat ini sangat penting untuk Sustainable Development Goals (SDGs) pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan di setiap negara.

Antonio Guterres berpesan bahwa penerbangan adalah mesin penting dunia kita dan akan memainkan peran penting dalam mengangkat dunia menuju pemulihan dari Covid -19.
Pastikan Hari Penerbangan Sipil International ini menerima dukungan yang dibutuhkan. (r/Abdul Aziz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *