24 Mei 2022

Konstruksi Hotmix di Desa Rahuning 1 Dituding Asal Jadi

140 Pengunjung

Asahan,-Rentaknews.com. Pekerjaan peningkatan jalan si Monang-Monang arah ke Titi Putih dusun VII desa Rahuning 1, kecamatan Rahuning kabupaten Asahan, menjadi disoroti dan jadi pembicaraan warga setempat, karena Mereka nilai dikerjakan asal jadi.

Warga menyebut, ada sejumlah titik permukaan pada sejumlah titik konstruksi hotmix membentuk cengkungan dan dempolan.

“Konstruksi kurang bermutu bila dibandingkan dengan konstruksi hotmix yang pada umum nya. Proyek iniselesai dikerjakan Jumat (03/12/2021) oleh CV. Bintangor, Rekan Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Asahan,” ungkap Warga.

Saat awak media meninjau ke lapangan Jumat (03/12/2021), proyek dengan anggaran dana Rp 199.100.000 dan sumber dana APBD. Di lokasi, seorang warga setempat bernama Anto dan beberapa warga yang dimintai keterangan, menjelaskan ada dugaan cacat kualitas.

“Ini terjadi akibat konstruksi hotmix yang kurang baik dan asal jadi aja, sehingga dikhawatirkan bakal cepat pecah,” ungkap Mereka.

Warga menyebut, hal ini disebabkan kurangnya material berupa lapisan pondasi maupun buruknya proses pemadatan oleh Tundem Roller saat proses dalam pengerjaan pondasi atau lapisan hotmix.

Seharusnya, kata Anto, pekerjaan hotmix ini didampingi oleh ahlinya atau pejabat pembuat komitmen (PPK) atau dinas PUPR Asahan.

Untuk itu Dia meminta agar setiap bangunan yang ada di kabupaten Asahan, terutama jalan, supaya diawasi ketat. Tujuannya mengantisipasi buruknya sistem pondasi base course pada ruas jalan yang sempit dan labil.

Selanjutnya Warga dusun VII desa Rahuning 1 ini menghimbau Pejabat dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) kabupaten Asahan, mengkaji ulang pekerjaan hotmix tersebut, karena pelaksanaan evaluasi dan pekerjaan penyelenggaraan program dan kegiatan wajib di ketahui Kepala Dinas PUPR. (r/Sugito)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *