24 Mei 2022

Peduli Bencana Semeru dan Lumajang, Rentan dan KAUMI Beraksi

159 Pengunjung

Medan-Rentaknews.com. Bencana erupsi Semeru dan sekitarnya (Lumajang), menggugah hati Relawan Solidaritas Antisipasi Bencana (Rentan) dan Kesatuam Aksi Umat Islam (KAUMI), bahu membahu berkolaborasi dalam penggalangan dana bantuan kemanusiaan.

Aksi sosisl itu dilakukan di Jalan Yos Sudarso KM 12, Medan Labuhan, Titipapan, Medan, Sabtu (11/12/2021).

Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Rentan Belawan, Putra Islami, menyarankan untuk aksi ini telah ada pemberitahuan kepada Sabraha Titipapan. Unit Reaksi Cepat (URC) dan DPC Belawan, DPC Marelan, DPC Medan Labuhan ikut menggalang dana.

Putra ikut juga mendampingi DPC Rentan kota Medan,

Abah Salman, SH, Ketua DPC kota Medan ikut berorasi di atas bak pick up di depan Mesjid Titipapan.

“Sudah selayaknya kita selaku manusia yang membutuhkan uluran tangan saudaranya di kota Medan ini untuk bersumbangsih menyumbangkan sebagian rejeki kepada saudara kita yang tertimpa musibah”, ujarnya bergelora di tengah terik siang yang panas.

Secara bergantian ketua DPC Medan dan DPC Belawan antusias menghimbau dan mengajak pengguna jalan untuk bersimpati dengan musibah erupsi Semuru dan Lumajang.

Rentan kota Medan tergerak hati melaksanakan pengumpulan dana melalui kotak-kotak yang diedarkan oleh personil Rentan dan KAUMI di tengah badan jalan dan sisi pinggir jalan.

Sebanyak 12 orang personil Rentan dan 5 orang personil Kaumi mengambil posisi strategis dalam menjaring dana pengguna lalu-lintas.

Sebelumnya penggalangan dana juga sudah dilakukan di kota Belawan hari Kamis (9/12) dua hari lalu. Rencananya ada 5 titik di kota Medan sebagai tempat pengumpulan dana, Titipapan ini merupakan titik kedua aksi penggalangan dana”, ujar Abah Salman.

Rentan sudah tersebar hampir seluruh pelosok Nusantara, seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, bahkan sampai Papua.

Rentan masih berusia 2 tahun, tapi aksi tanggap bencana dengan instansi yang berwenang seperti tim SAR, BPBP, BPBD dan organisasi kemanusiaan.

Bahkan telah menjalin kerjasama dengan pihak Polri serta Pemadam Kebakaran demi mensinergikan program penanganan kebencanaan di setiap daerah.

Keberadaan Rentan sudah dimulai dari akhir tahun 2019 yang dipimpin seorang pengusaha kota Medan, Muhammad Yunus yang telah lama aktif pula dalam organisasi kemanusiaan sebelum membentuk Rentan. T

erhitung dalam 2 tahun terakhir, jejak kepedulian RENTAN telah dirasakan manfaatnya di kota Medan.

Catatan awak media, semenjak beredarnya virus Covid-19, Rentan sudah melakukan aksi berbagi masker, sanitizer, pengasapan dan ikut berkolaborasi dengan tim pencegahan dan penanggulangan Covid-19 untuk kota Medan.

Belum lagi bantuan sembako dan material bagi warga yang terkena musibah, pembagian takjil di bulan Ramadan, pemberian bantuan untuk musibah kebakaran, orang hanyut dan lain-lain.

Kiprahnya dalam kebencanaan sangat aktif.

Setelah penggalangan dana di 5 titik ini seterusnya bakal dilaporkan ke Dewan Pengurus Pusat yang kebetulan di kota Medan melalui Ketua Umum, Muhammad Yunus. Selanjutnya keseluruhan penggalangan dana ini disalurkan melalui Aksi Cepat Tanggap (ACT), lembaga kemanusiaan yang terpercaya di Indonesia untuk disalurkan ke warga yang membutuhkan di Semeru dan Lumajang.

Pada saat peliputan, terlihat beberapa bungkus pakaian layak pakai dan sejumlah uang di kotak yang di sebar serta beberapa bahan logistik lainnya seperti sabun, mie instan, odol dan lain-lain. Pelaksanaan penggalangan dana kemanusiaan ini rencananya sampai sore ini 17.30 wib. Para personil Rentan dan Kaumi bahu membahu mengoptimalkan penggalangan dana dari masyarakat yang melintas. (r/Rudi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *