24 Mei 2022

Rakor RTRW Pertahanan Darat TA 2021 Dipimpin Dandim 0736/Batang

126 Pengunjung

Batang – Rentaknews.com. Komandan Komando Distrik Meliter (Kodim), sebagai pendukung tugas pokok Komando Resort Militer (Korem), Kodim 0736/Batang, Letkol Arh Yan Eka Putra memimpin rapat koordinasi dan Sosialisasi rencana tata ruang wilayah (RTRW), Kamis (16/12) di Aula Makodim 0736/Batang, Jawa Tengah, yang dilaksanakan pukul 08.00 Wib sampai selesai.

Rakor tersebut bertajuk “Keterpaduan dan Keselarasan Pembinaan tata ruang Pertahanan Angkatan Darat dengan rencana tata ruang wilayah daerah dapat mewujudkan Binter TNI AD yang adaptif serta Pertahanan Darat yang tangguh”.

Kegiatan ini merupakan program tindak lanjut yang harus dilaksanakan di tingkat Kodim, setelah dilaksanakannya Rakor Rencaan Tata Ruang Wilhanrat di tingkat Kodam IV/Diponegoro yang diikuti Pasi Ter Kodim jajaran Kodam IV/Diponegoro pada tanggal 30 November 2021 lalu.

Dandim menyampaikan, yang melandasi perlunya dilaksanakan pembinaan tata ruang wilayah pertahanan darat, mengacu pada petunjuk teknis tetang RTRW Hanrat NO KEP/507/VII/2015 tanggal 31 Juli 2015.

“Sekarang namanya tidak lagi RTRW, namun RWP (Rencana Wilayah Pertahanan), di saat ada musrembangdes Babinsa yang berperan di desa dapat memberikan masukan terkait dengan analisa potensi pertahanan yang kita punya. Seperti pendekatan kesejahteraan merupakan salah satu contoh” tutur Eka Putra.

Komandan Kodim selanjutnya berkata, “Dengan data yang akurat dan detail, data Geodemokomsos harus berbasis Village. Babinsa harus tahu data wilayah secara detail, data- data yang ada di Koramil jajaran Kodim 0736/Batang, pertama itu akan menjadi bank data kita, yang kedua menjadi bahan untuk langkah – langkah ke depan. Kita harus menguasai data di wilayah, itu sebagai bahan acuan”.

“Saya ingin Kodim 0736/Batang ini bisa memberikan manfaat besar bagi masyarakat Batang”beber Dandim”. Di harapkan prajurit- prajurit Kodim berpikirnya lebih dewasa sehingga bisa memahami dan memberikan yang terbaik. Setelah data dapat terhimpun, kita bisa melakukan langkah-langkah ke depan ” beber Yan Eka.

Terkait perkembangan covid 19, Yan Eko menyatakan bahwa Batang sekarang masih pada posisi 5 terbawah di bandingkan Kabupaten Pemalang dan Brebes.

“Untuk capaian vaksin sendiri sudah mencapai 60%. Mari kita bantu pemerintah daerah, dengan melaksanakan percepatan vaksin. Harapannya capaian vaksin di tahun ini Kabupaten Batang dapat mencapai 70%,” imbuhnya.

Perwira Seksi Teritorial, Kapten Inf Bardi menyampaikan pembinaan tata ruang wilayah pertahanan darat dengan rencana tata ruang wilayah pertahanan pemerintah daerah dapat mewujudkan Binter TNI AD yang adaptif serta pertahanan darat yang tangguh.

Adapun tujuan yang akan dicapai, ujar Bardi : guna mewujudkan ruang wilayah pertahanan darat yang terpadu dan selaras. Dengan rencana tata ruang di wilayah pemerintahan daerah untuk kepentingan pertahanan Negara”.

Kapten Bardi juga menekankan, kegiatan pembinaan RTRW agar berpedoman pada Juknis RTRW No Kep/507/VII/2015 tanggal 31 Juli 2015. Pencarian data agar disinkronkan dengan data yang ada di Kabupaten atau Provinsi.

“Singkronkan kordinasi agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam penyusunan RTRW Hanrat dan RTRW Kabupaten atau Provinsi. Penyusunan RTRW sesuai dengan siklus 20 tahun, 5 tahun perubahan, 1 tahun apabila ada perubahan situasional. Jelas Pasi Teritorial Kodim 0736/Batang. (Rudi R)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *