26 Mei 2022

Temu Pengurus Rentan Se-Medan Utara, Peduli Untuk Negeri

189 Pengunjung

Medan-Rentaknews.com. Relawan Solidaritas Antisipasi Bencana (Rentan) adalah sebuah organisasi kebencanaan yang terbentuk kurang lebih 3 tahun lalu. Walaupun masih seumur jagung, sepak terjangnya sudah menasional. Rentan berdiri tanggal 1 Januari 2019, melalui diskusi kecil antar sesama relawan yang bergerak di bidang kebencanaan.

Rentan sudah memiliki banyak DPW, DPD, DPC dan DPAC, tersebar setengah dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia. Aksi fenomenal adalah saat terjadi bencana kemanusiaan di Jawa Timur ketika Gubernur Khofifah Indra Parawangsa yang baru menduduki pos Gubernur di Jawa Timur, Rentan termasuk salah satu organisasi yang dipercayakan menanggulangi bencana, setahun yang lalu (2020).

Banyak sudah aksi kepedulian sosial dan kebencanaan yang telah dilaksanakan. Bahkan berkaloborasi dengan lembaga resmi kebencanaan negara seperti Basarnas, BPBN, BPBD, Polri, PMI, ABRI bahkan lembaga sosial dan organisasi sesama.

Pada saat bencana Semeru dan Pasuruan baru-baru ini, Rentan berkaloborasi dengan ACT (Aksi Cepat Tanggap) yang kiprahnya sudah mendunia, dan juga bersama Kesatuan Aksi Ummat Islam (KAUMI) Kota Medan untuk menggalang bantuan kemanusiaan di beberapa titik di kota Medan.

Pada Ahad Sore (26/12/21), Dewan Pengurus Cabang (DPC) Marelan yang dikomandoi Zakaria dan para pengurus lainnya berinisiatif melakukan konsolidasi internal wilayah gugus tugas Medan Utara agar bisa bersinergi dengan baik antar pengurus DPC, DPAC se-Medan Utara dengan lembaga atau instansi pemerintah dan juga organisasi sejenis yang ada di Medan Utara ini.

Medan Utara termasuk wilayah yang sangat luas di Utara kota Medan. Secara geografis, dekat dengan pesisir pantai, wilayah industri daerah dan juga wilayah padat pemukiman. Untuk itu perlu di pandang menyatukan persepsi, menyelaraskan program antar bidang dan antar pengurus agar hasil yang diharapkan memuaskan dan bermanfaat menanggulangi bencana.

Tampak hadir dalam acara ini para petinggi Rentan di antaranya Ketua Umum : Muhammad Yunus, Ketua Harian : Erdiansyah MDH, Sekretaris Umum : Iskandar, SE, Wakil Sekretaris Umum I : Suci, dari unsur DPP. Juga turut hadir ketua DPC kota Medan, Abah Salman, SH, beserta pengurus, para ketua DPC, DPAC Se-Medan Utara seperti Ketua DPC Marelan, Zakaria yang juga tuan rumah acara konsolidasi.

Ketua Harian, menghimbau agar para pengurus dan kader selalu bersosialisasi kepada pejabat setingkat kecamatan dan kelurahan juga warga di sekitar tempat tinggalnya agar pejabat pemerintah mengerti bahwa Rentan merupakan mitra kerja kebencanaan yang telah mengantongi ijin legalitas dari negara dengan terbitnya surat dari Menkumham RI.

Semoga dengan adanya pembersihan ini, Rentan bisa bersinergi menanggulangi bencana bersama lembaga negara yang bersifat kebencanaan di daerah.

Begitu juga Zakaria, turut memberikan kata sambutan, menegaskan untuk semua kader DPC Rentan Marelan khususnya, bahwa selaku Relawan, tidak ada apapun yang namanya “uang capek” atau gaji jika masuk di organisasi ini.

Semua berbuat dan berpartisipasi menjadi kader Rentan karena panggilan hati, sikap kepedulian sosial dan kebencanaan, rasa simpati dan empati yang tinggi menjadi dasar bergabung ke Rentan.

Sementara itu, M. Yunus (Ketum Rentan), dalam arahannya kepada seluruh peserta yang hadir, untuk selalu mengibarkan, mensosialisasikan, mengajak dan mengembangkan seluruh kemampuan dan kepedulian agar Rentan ada di seluruh pelosok Nusantara, bahu membahu dengan lembaga kemanusiaan dan Kebencanaan baik itu di tingkat Nasional, daerah bahkan dinlingkungan sendiri.

“Keberadaan Rentan sudah diakui negara, bahkan Presiden merupakan pelindung organisasi kita. Diikuti oleh gubernur di setiap provinsi, walikota dan bupati di setiap kota/kabupaten, camat disetiap kecamatan bahkan kelurahan. Jangan pernah minder atau malu saudara-saudara sekalian, kiprah Rentan sudah skala Nasional dan diakui lembaga resmi negara bidang kebencanaan,” ujar Yunus.

Dia menambahkan, malah saat ini Rentan mendapat beberapa tawaran kerjasama dengan negara-negara lain seperti negara Kolombia yang ada di Amerika Utara/

Abah Salman, SH, Ketua DPC Kota Medan, dalam arahannya menekankan, “Apapun yang saudara lakukan di Rentan ini, menjadi ladang pahala bagi kita semua dengan tetap berniat hati ikhlas berjuang, bekerja dan membantu saudara-saudara kita yang ditimpa musibah”.

“Kemenangan yang besar itu adalah pada saat kita mampu memberi arti dan bermanfaat bagi sesama. Disitulah hati merasa tentram, jiwa bagaikan dahaga untuk selalu berbagi dan berempati dan Allah membalaskan dengan pahala dan amal jariah Insya Allah,” jelas Salman.

Abah Salman, SH, juga merupakan tokoh penting di Medan Utara. Banyak aksi dan peduli serta sering menjadi pembicara bahkan lantang bersuara ketika ketidakadilan terasa di Medan Utara.

Acara ditutup dengan doa dan makan bersama sebagai bentuk pengenalan sesama pengurus Rentan di Medan Utara. (r/Rudi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *