24 Mei 2022

Sofyan Djalil Serahkan Sertifikat Tanah Rakyat Sumut

125 Pengunjung

Medan, Rentaknews.com – Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) / Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan A Djalil menyerahkan langsung sertifikat tanah untuk rakyat Provinsi Sumatera Utara di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Sudirman Medan, Selasa (28/12).

Penyerahan sertifikat tanah tersebut disaksikan Gubsu Edy Rahmayadi, Kepala BPN Sumut Dadang Suhendi, Wali Kota/Bupati se – Sumut yang hadir secara langsung maupun virtual serta unsur Forkopimda Sumut, termasuk Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman.

Dalam sambutannya Menteri ATR / BPN mengatakan, permasalahan lahan yang dipergunakan untuk pembangunan Sport Center sudah selesai berkat kerja keras Pemprov Sumut dan unsur Forkopimda Sumut. Dengan demikian Pemprov Sumut sudah dapat melakukan pembangunan sport center tersebut.

“Untuk kasus lahan PTPN II, Alhamdulillah saat ini 59 SK Gubernur telah dikeluarkan dengan luas 1.000 hektar lebih. Artinya, lahan itu sudah selesai dan ada juga yang telah diberikan sertifikat. Tapi, ada beberapa yang belum diberikan sertifikat karena ada kewajiban untuk membayar Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) kepada Pemerintah Daerah. Di samping itu, harus membayar uang ganti rugi sesuai aturan yang berlaku kepada negara dalam hal ini PTPN II. Alhamdulillah, yang komplain mengenai pertanahan di Sumut sudah berkurang,” kata Sofyan.

Sebelumnya, Edy Rahmayadi menceritakan, dirinya cukup getol meminta kepada Menteri ATR/Kepala BPN terkait penyelesaian sengketa tanah di Sumut, khususnya Sport Centre. Sebab Sport Centre adalah program strategis Sumut yang saat ini dikejar penyelesaiannya. Bahkan Menteri Sofyan Djalil sampai sering bolak balik ke Sumut terkait hal ini. Menurutnya, Menteri Sofyan Djalil adalah orang yang bisa menyelesaikan persoalan pertanahan.

“Saya merengek-rengek seperti ini sudah enam kali, saya tanya bapak (Menteri ATR/Kepala BPN) apakah sudah capek, beliau jawab nggak, tanpa bantuan beliau sangat sulit, saya sudah dua kali Ratas bersama beliau dipimpin Presiden, begitu besarnya perhatian beliau (Menteri ATR/Kepala BPN) terhadap Sumut,” sebut Edy Rahmayadi.

Adapun sertifikat yang diserahkan Menteri ATR / BPN, yakni Sertifikat Sport Center, Sertifikat Hasil Penyelesaian eks Hak Guna Usaha (HGU) PTPN II dan serta Sertifikat Program Strategis. Selain itu, Menteri ATR / BPN juga menyerahkan secara simbolis kepada 3 penerima sertifikat yang berada di Kecamatan Medan Sunggal, Kota Binjai, Kabupaten Langkat dan Deliserdang.(js/rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *