26 Mei 2022

Menpan-RB: “ASN ‘Wajib’ Jadi Tentara Cadangan”

186 Pengunjung

Medan-Rentaknews.com – Pemerintah menetapkan Aparatur Sipil Negara (ASN)agar ikut serta dalam pelatihan anggota Komponen Cadangan (Komcad) yang berperan sebagai tentara cadangan untuk mempertahankan negara.

Keputusan itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara (PAN-RB) Tjahjo Kumolo Nomor 27 Tahun 2021 tentang Peran Serta Pegawai ASN Sebagai Komponen Cadangan Dalam Mendukung Upaya Pertahanan Negara yang di teken Tjahjo Kumolo pada tanggal 27/12/21 lalu.

“SE ini diperuntukkan bagi pegawai ASN agar ikut serta dalam upaya pertahanan negara”, kata Tjahjo dalam siaran tertulisnya di Jakarta tanggal 28/12/21.

SE itu menunjukkan dan menjelaskan tentang keterlibatan ASN dalam pelatihan Komcad sebagai bentuk nyata dukungan ASN terhadap pertahanan negara. Sesuai dengan UU Nomor 23 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional yang menjelaskan tentang, “Komponen Cadangan adalah sumber daya Nasional yang telah dipersiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan menguatkan kekuatan dan kemampuan Komponen Utama.

Kemudian berdasarkan UU Nomor 3 Tahun 2002 Tentang Pertahanan Negara, disebutkan, “Pertahanan Negara Republik Indonesia diselenggarakan dengan sistem pertahanan semesta. sistem ini melibatkan seluruh warga negara, wilayah, dan segenap sumber daya Nasional”, ujar Tjahjo.

Adapun pelibatan seluruh sistem pertahanan semesta tersebut disesuaikan dengan syarat dan ketentuan yang telah diputuskan.Persyaratan untuk menjadi Komcad itu antara lain,”Beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia kepada NKRI, berusia antara 18-35 Detahun, sehat jasmani dan rohani, tidak memiliki catatan kriminal, serta peralatan yang lain yang masih berlaku”, ujar MenPAN-RB.

Bagi yang memenuhi syarat tersebut akan mengikuti ujian seleksi Komcad yang meliputi ujian umum, uji kesamaptaan jasmani, uji pengetahuan dan wawasan, serta uji sikap. Jika lulus maka selanjutnya mengikuti pendidikan dan pelatihan dasar kemiliteran (latsarmil) selama 3 bulan.

Setelah lulus menjadi Komcad maka kembali kepada instansi masing-masing. Program penguatan bela negara yang dikoordinasikan dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN). Materi Bela Negara kelak akan diberikan pada Diklat Kepemimpinan Administrator dan Diklat Kepemimpinan Pengawas terkait Kepemimpinan Pancasila dan Nasionalisme, Bela Negara, Wasbang dan Nilai Bela Negara.(r/Rudi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *