18 Januari 2022

Banjir Aceh, WALHI Minta Pemerintah Tetapkan Status Darurat Bencana

77 Pengunjung

Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Aceh meminta Pemerintah Aceh untuk segera menetapkan status darurat bencana provinsi, untuk penanganan banjir yang saat ini melanda kawasan Kabupaten Aceh Utara, Aceh Timur, Langsa dan Aceh Tamiang.

“Status darurat dapat memaksimalkan penambahan sumber daya manusia, dan melaksanakan penanganan awal keadaan darurat bencana mencakup penyelamatan dan evakuasi korban/penduduk terancam, serta pemenuhan kebutuhan dasar, sebagaimana yang dimintakan oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Timur dan Aceh Utara,” kata Ahmad Shalihin, Direktur Eksekutif dalam keterangannya, Senin (3/1/2022).

Menurut Shalihin, hal itu penting segera dilakukan mengingat intensitas curah hujan yang terus meningkat dan berpotensi memperlebar luapan air, hingga memperparah dampak terhadap masyarakat, infrastruktur publik, dan sosial budaya. Selain itu, Pemerintah Aceh melalui Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) dapat mempercepat kajian penetapan status keadaan darurat bencana, juga menyiapkan dan memastikan tersampaikan informasi peringatan dini kepada masyarakat yang berada pada zona potensi banjir.

“Sehingga masyarakat dapat mempersiapkan diri menghadapi bencana banjir, dapat meminimalisir terjadinya korban jiwa dan harta benda,” imbuhnya. (r/acehkini)

editor: Arif Putera

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LATEST NEWS