18 Januari 2022

Palas Diterjang Banjir Bandang, 413 Sekolah Hilang dan Rusak Berat

124 Pengunjung

Palas-Rentaknews.com – Banjir bandang menghantam Kecamatan Padang Lawas. Akibatnya, 413 bangunan sekolah, pondok pesantren dan rumah warga hilang dan rusak berat.

“Kuat dugaan, banjir bandang yang terjadi di malam pergantian tahun itu karena adanya penumpukan kayu di hulu Sungai Batang Bulu Sutam, Kebupaten Padang Lawas,’ ungkap BNPB Padang Lawas, Amit Hadi Nasution, Senin (3/1/2022).

Penumpukan ribuan kubik kayu yang hanyut di saat hujan membuat air sungai tersumbat dan menyebabkan air banjir bandang.

BNPB kata Hamit juga banyak menemukan tumpukan kayu hasil dari potongan singso yang tumbang dan terbawa air hingga ke rumah warga.

“Kita banyak temukan itu potongan kayu telah disingso tapi kita belum tahu apakah karena pembalakan liar atau seperti apa,” ujarnya.

Saat ini kata dia, BNPB tengah fokus melakukan evakuasi terhadap warga serta pembersihan tumpukan tumpukan kayu yang terseret banjir.

Kata Hamit, pemerintah daerah telah menurunkan alat berat untuk memindahkan banyaknya kayu kayu yang ada.

“Kita masih fokus evakuasi warga dan memindahkan kayu kayu tersebut. Untuk kepastian penyebab banjir apakah karena adanya perambahan hutan itu tugas dari aparat penegak hukum yang akan menginvestigasinya, ” katanya.

Saat ini sebagian warga juga telah kembali ke rumah masing masing. Sementara warga yang rumahnya rusak dan hilang karena banjir, masih berada di posko pengungsian.

Pemerintah daerah telah menyediakan 5 pos pengungsi sejauh ini. Hamid menjelaskan saat ini warga sangat membutuhkan bantuan seperti pakaian bekas, makanan cepat saji dan selimut.

“Sebagian sudah kembali, dan lainya ada di pos pengungsi. Kita sediakan 5 pos dan dapur umum. Warga sangat butuh bantuan banju, makanan dan selimut saat ini,” tutupnya.(tr/js)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LATEST NEWS