11 Agustus 2022

Bobby Nasution Setuju Nama Mr. M Hassan dan Mr. SM Amin Jadi Nama Jalan di Medan

150 Pengunjung

Medan–Rentaknews.com. Walikota Medan Muhammad Boby Afif Nasution merespon positif usulan DHD 45 Sumut untuk mengabadikan nama Mr.Teuku Muhammad Hassan (Gubernur Sumatera Pertama) dan Mr. S M Amin Nasution (Gubernur Sumatera Utara pertama) yang sudah ditetapkan Pemerintah RI sebagai Pahlawan Nasional menjadi nama jalan di kota Medan.

Hal ini dinyatakannya saat menanggapi usulan Sekretaris Umum DHD 45 Sumut Dr. Eddy Syofian M.AP pada acara Coffee Morning Walikota Medan dan Fokorpimda Kota Medan bersama Forum-forum Strategis (FKUB, FKDM, FPK), Ormas Keagamaan, DHC 45, LVRI dan pimpinan OPD Kota Medan di Gedung Juang 45 Sumut Jalan Pemuda 17 Medan, Rabu, (05/01/2022).

Kegiatan Coffee Morning ini dilaksanakan di Gedung Juang 45 atas permintaan Wali Kota untuk mengingat perjuangan Angkatan 45 yang menurut beliau tidak bisa dilupakan karena Angkatan 45 yang memerdekakan negara ini dan menyusun ideologi Pancasila dan UUD 1945.

“Semangat kebangsaan itulah yang kita hadirkan untuk kita mengisi kemerdekaan ini,” ujar menantu Presiden Jokowi ini.

Sebelumnya Sekretaris Umum DHD 45 Sumut Eddy Syofian juga menginformasikan kepada Wali kota Medan bahwa Pengurus DHD 45 Sumut, LVRI Sumut, Kwarda Pramuka Sumut bersama DHC 45 Kota Medan serta sejarahwan USU dan Unimed pernah mengajukan kedua nama ini sebagai nama jalan di kota Medan.

“Sudah kami usulkan dua tahun lalu, diharapkan di masa kepemimpinan bapak usulan ini bisa direalisasikan” ujar Eddy Syofian yang dalam acara tersebut didampingi Ketua Bidang Infokom Dr. H. Sakhira Zandi, MSi.

Dalam kesempatan tersebut Eddy Syofian, juga berharap Wali Kota Medan untuk mengusulkan pemimpin perang Medan Area Mayor Bejo sebagai Pahlawan Nasional.

Menurut Eddy, Mayor Bejo adalah Pemimpin Pasukan Perang Gerilya Medan.Area sejak tahun 1942 sampai Agresi Belanda I dan II. Perang tersebut tak kalah dahsyatnya dengan Perang Ambarawa, Bandung Lautan Api dan Perang Surabaya 10 November.

“Perang Medan Area diabadikan dengan dibangunnya Tugu Apollo di Jalan l Sutomo Medan.
DHD 45 Sumut, DHC 45 Kota Medan dan LVRI yang hadir di acara coffee morning ini juga mendukung usulan Mayor Bejo sebagai Pahlawan Nasional.
Atas usulan itu, Wali Kota Medan meminta instansi terkait menindaklanjutinya dan mengadakan kajian-kajian akademis.

Usai acara Coffee Morning itu Sekretaris Umum DHD 45 Sumut menyerahkan cenderamata kepada Walikota Medan berupa Duplikat Uang Republik 1949 (URIPSU), Uang Republik Tapanuli (ORITA) tahun 1949 dan Uang Daerah Karo tahun 1947 sebagai alat tukar yang sah pada masa itu atas persetujuan Presiden Soekarno karena negara Pemerintah tidak memiliki dana untuk membantu peperangan. (r/hrn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *