11 Agustus 2022

Pertama dalam Sejarah, Pemprovsu Gelontorkan Rp2,7 Triliun Bangun Jalan dan Jembatan

156 Pengunjung

Medan-Rwntaknews.com – Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) menggelontorkan dana sebesar Rp.2,7 triliun mengatasi prasarana jalan dan jembatan di Sumatera Utara. Sehingga disebut-sebut pertama kali dalam sejarah kucurkan dana sebesar itu untuk pembangunan.

“Pembangunan ini sebagai jawaban atas berbagai keluhan masyarakat Sumut selama ini tentang prasarana jalan dan jembatan yang tak kunjung diperbaiki,” ungkap Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Kontruksi Sumut Bambang Pardede dalam konferensi pers Rabu 12/1/22 di Kantor Gubernur Sumut jalan Dipanegoro Nomor 30 Medan.

“Anggaran sebesar 2,7 Triliun itu meliputi pekerjaan pembangunan jalan provinsi 459 kmi, 389,2 meter jembatan (29 unit) dan 71.000 drainase. Saat ini jalan provinsi di Sumut yang mantap sebesar 75%, sementara yang tidak mantap sebesar 25%. Artinya dari panjang jalan provinsi 3.005 km hanya 750 km yang tidak mantap”, ujarnya.

“Pembangunan prasarana jalan dan jembatan itu melalui skema pendanaan multiyears atau tahun jamak serta dengan metode rancang dan bangun (design – build), menggunakan skema dan rancang bangun tersebut pembangunan bisa lebih cepat selesai,” jelas Pardede.

“Juga efisiensi dalam proses pengadaan (dilakukan satu kali) dan waktu pelaksanaan yang simultan dan paralel, sehingga efektif dan ekonomis dari segi waktu dan biaya”, lanjutnya.

“Selain itu, faktor pandemi Covid-19 ikut memperburuk keadaan karena tertundanya proyek pembangunan jalan dan jembatan. Hal ini diperparah lagi dengan penurunan kondisi jalan sebesar 2,5% per tahun, sehingga target pencapaian pembangunan infrastruktur terkendala. Maka, untuk solusinya agar visi dan misi “Eramas” berjalan dengan baik, dipilihlah skema pendanaan multiyears ini yang di prediksi 2 tahun ke depan pembangunan jalan dan jembatan selesai”, pungkasnya (r/Rudi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *