15 Agustus 2022

Titik E-Parkir di Medan Bakal Ditambah karena Dinilai Naikkan PAD 150 %

159 Pengunjung

Medan-Rentaknews.com . Pemko Medan berencana menambah titik Eletronik Parkir (E-Parking) karena mampu mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) kota Medan. Kadis Perhubungan Kota Medan Iswar Lubis menyampaikan hal ini di Lapangan Merdeka, Medan Rabu (12/1/22).

Sebelumnya Pemko Medan melalui Dinas Perhubungan telah menetapkan 22 titik E-Parking di 18 ruas jalan (kawasan) mulai 18 Oktober 2021 lalu, kini akaan ditambah menjadi 65 titik. Ada penambahan 43 titik E-Parking. Diharapkan dengan penambahan ini dapat menambah PAD kota Medan dari sektor perparkiran.

Kerjasama dengan pihak ketiga terus digalakkan dalam menggarap penambahan titik E-Parking ini. Iswar mengungkapkan bahwa rencana ini telah sejalan dengan kembali dibukanya kerjasama dengan pihak ketiga dengan sistem bagi hasil.

“Sejak kita terapkan 18 Oktober lalu, alhamdulilah berjalan dengan baik walau di sana sini ada kekurangan akan kita perbaiki sistem dan kelemahan yang terus dievaluasi kinerjanya. Dari penerapan E-Parking ini telah mampu menaikkan PAD kota Medan sampai 150 % atau sekitar 200 juta”, ujar Iswar.

Dari hasil evaluasi, masyarakat merasa nyaman dengan sistem E-Parking dan kebocoran PAD selama ini teratasi karena ada kepercayaan masyarakat yang merasa pendapatan perparkiran ini masuk secara utuh ke kas daerah yang ditujukan untuk pembangunan dan terhindarnya kolusi dan korupsi yang bisa terjadi antar orang per orang dalam perparkiran ini.

“Atas dasar itu lah kita berkomitmen untuk menambah titik untuk mendukung visi dan misi pak Walikota agar mengutamakan pelayanan dan peningkatan PAD dalam rangka pembangunan kota.Untuk itu kita melelang 43 titik lagi sebagai penambahan, akan dilakukan pelelangan secara terbuka baik untuk masyarakat kota Medan maupun di luar kota Medan”, ujar Iswar.

Didampingi sekretaris Dishub Budi Hariono dan Kabid Parkir Kesmedi Sianipar, Iswar menyatakan, “Pelelangan diadakan secara terbuka baik itu lokal maupun Nasional, siapa saja yang mampu memenuhi syarat dan ketentuan teknis dan operasional berhak untuk mengikuti sampai ada pemenang dari tender tersebut”, pungkasnya. (r/Rudi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *