21 Mei 2022

Aceh Digoyang Gempa 4,9 Magnito

125 Pengunjung

Aceh-Rentaknews.com. wilayah Blangpidie, Aceh, dan sekitarnya digoyang gempa bumi berkekuatan 4,9 magnito, Ahad (16/1/2022), sekira Pukul 13:52:32 WIB.

Hasil analisa BMKG menunjukkan, Episenter terletak pada koordinat 3.52 LU dan 96.51 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 61 km Barat Daya Blangpidie pada kedalaman 23 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas sesar lokal di wilayah tersebut,” tulis BMKG dalam laporan tertulisnya.

Sementara, guncangan gempabumi ini juga dirasakan di Nagan Raya II-III MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat germpabumi tersebut.

“Hingga Pukul 14.20 WIB, dari hasil monitoring BMKG, belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock),” ujar Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah I Darmawan SSi MSi.

Ia mengimbau kepada masyarakat, agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,” tandasnya.(r/Aziz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *