21 Mei 2022

PMI Medan Marelan Kolaborasi dengan Ormas Kepemudaan Donor Darah

131 Pengunjung

Medan-Rentaknews.com. Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Medan Marelan adakan bakti sosial donor darah di Jalan Raya Marelan Nomor 155 Medan, Ahad (16/1/22) pagi.

Bakti sisial PMI ini berkolaborasi dengan 3 organisasi massa kepemudaan terdiri dari Dewan Pengurus Cabang (DPC) Barisan Pemuda Nusantara (Bapera) Medan Marelan, Rayon FKKPI Medan Marelan, Dewan Pimpinan Kecamatan (DPK) GM Kosgoro Medan Marelan.

Hadir dalam kegiatan ini mewakili Unit Transfusi Darah (UTD) PMI kota Medan sebanyak 5 orang tenaga medis baik dokter dan perawat. Dari Pengurus PMI Kecamatan (PK) Medan tampak hadir ketua dan wakil Sariono Derita, SPd I alias Bambang dan wakil Sulaiman.

Unsur kepemudaan dihadiri tiga tokoh muda Medan Marelan Zulkifly, S.Kom Ketua Bapera Medan Marelan, Jecky Sembiring Ketua Rayon FKPPI 0201-10 Medan Marelan, Jack Purba Ketua PK GM Kosgoro Medan Marelan.

Turut hadir para pengurus dan kader kepemudaan tiga ormas di Medan Marelan bahu membahu menjadi panitia membantu UTD dan PK PMI Medan Marelan.

Ketua PK PMI Medan Marelan Bambang, sangat berterima kasih kepada 3 ormas kepemudaan yang membantu menyukseskan bakti sosial donor darah ini.

“Kami darI PK PMI Marelan berkolaborasi dengan para tokoh pemuda dan ormas Kepemudaan yaitu Bapera, Kosgoro dan FKPPI yang telah menyempatkan diri membantu PMI donor darah,,” ungkap Bambang.

Dia menyebut, karena di masa Pandemi Covid-19 ini kebutuhan akan darah sangat mendesak mengingat ketersediaan stok darah selalu kurang hingga perbandingannya 1 : 10 orang.

“Artinya setiap kantong darah dibutuhkan oleh 10 orang. Semoga untuk yang akan datang rutin dilaksanakan bersama 3 ormas pemuda ini,” ujarnya.

Dia menyebut, kegiatan ini bertemakan, “Setetes Darah Sejuta Harapan” , aksi sosial ini adalah perdana di awal tahun 2022 ini.

Menurut data PMI Medan Marelan, ada sekitar 200 pendonor yang telah terdaftar di Medan Marelan, kali ini menargetkan 100 pendonor yang menyumbangkan darahnya.

“Donor darah sangat bermanfaat, mengingat betapa seringnya Rumah Sakit dan pasien di seluruh wilayah Sumut mengalami kekurangan stok. Dan penyumbang terbesar di Sumut adalah PMI kota Medan untuk Sumut”, ujar Bambang.

Ada hal yang menarik dengan keberadaan Bapera di Marelan, mengingat ormas kepemudaan ini masih baru di kota Medan.

Ketika disinggung tentang eksistensi Bapera Medan Marelan, Zulkifly, S. Kom membeberkan ,”Kami berani tampil beda dari ormas pemuda lainnya. Orientasi kami ingin mencetak enterpreneur muda di kota Medan khususnya Medan Marelan”, ujarnya.

Menepis segala prasangka tentang ormas kepemudaan yang kurang baik, kami berpartisipasi aktif mengadvokasi pemuda untuk mengekplorasi segala kemampuan sosial kemasyarakatan agar pemuda menjadi garda terdepan dalam membangun masyarakat dalam bidang enterpreneur.

Kegiatan ini berlangsung sampai siang hari. Para kader dan ketua saling akrab, sehingga kesan yang ditangkap bahwa khusus untuk Medan Marelan, para pemuda dan ormasnya tidak pernah terjadi perselisihan apalagi sampai gontok-gontokan.

Mereka bersinergi demi masyarakat, tentunya hal ini suatu model contoh yang sangat baik dalam hubungan keakraban sesama ormas di Medan Marelan. (r/Rudi H)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *