21 Mei 2022

Kedelai Mahal, Pedagang Tahu Tempe Mengeluh

126 Pengunjung

Medan, Rentaknews.com – Mengawali pekan ini, harga kacang kedelai mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Tak tanggung-tanggung, harganya mencapai Rp12 ribu / kg di pasaran. Bahkan di sejumlah daerah mengalami kelangkaan.

Seperti pengakuan Ketua Komite Daerah Dewan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kabupaten Labuhanbatu, Arif Hakiki Hasibuan SHI. Kepada wartawan Koran Mimbar Umum ia mengatakan, Dewan UKM Labuhanbatu telah mendiskusikan tentang kelangkaan kacang kedelei yang merupakan bahan baku tahu dan tempe.

“Jadi karena kawan-kawan UKM memberikan informasi kenaikan harga kedelai, kami pun langsung bergerak,” kata Arif, Senin (17/1/2022).

Lebih lanjut dikatakannya, kelangkaan kacang kedelai ini berdampak pada peredaran tempe dan tahu di masyarakat. Keluhan kelangkaan tak hanya datang dari para pengusaha kecil saja, tetapi juga pengusaha besar. Bahkan mereka rela mencari bahan baku (kedelai) hingga keluar kota seperti Riau-Dumai.

“Para pelaku UKM mengadu sama kita, bagaimana caranya mendapatkan harga murah dari Dewan UKM. Dan saat ini sedang kita godok. Kenaikan harga di tingkat pedagang mencapai Rp50 ribu per goninya. Sebelumnya harga kedelai Rp500 ribu per goni, kini mencapai Rp550 ribu bahkan lebih,” urai Arif.

Mafia Kedelai

Ketua Dewan UKM Labuhanbatu Arif Hakiki Hasibuan SHI menduga, kelangkaan kedelai saat ini merupakan permainan dari tingkat importir ekspor/impor. “Dugaan kita, kalau tidak ada mafia mana mungkin bisa mahal begini,” imbuhnya.

Untuk itu, lanjut Arif, pihaknya berharap pemerintah melalui instansi terkait seperti Bulog, dapat menstabilkan harga. Apalagi kedelai saat ini telah menjadi bahan makanan pokok bagi sebagian masyarakat Indonesia, khususnya Sumatera Utara.

“Makanya kita sebagai organisasi UKM harapan kita ke pemerintah dalam rangka untuk bagaimana petani ini diperhatikan,” tuturnya.

Terpisah, salah seorang pengrajin tempe di Medan bernama Sutris, mengaku kecewa atas kenaikan harga kedelai ini. Ia pun berharap peran pemerintah dalam menstabilkan harga kedelai, jangan hanya sekadar janji belaka.

“Harga kedelai sekarang Rp12 ribu. Sebelumnya hanya Rp7 ribu saja,” keluh Sutris.

Reporter : Riswansyah

Editor : Jafar Sidik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *