21 Mei 2022

6 Wanita Indonesia Tewas Tenggelam di Perairan Malaysia

119 Pengunjung

Malaysia, Rentaknews.com – Enam wanita Indonesia tewas tenggelam di perairan lepas pantai Malaysia setelah kapal mereka terbalik, saat mereka diduga berusaha memasuki negara itu secara ilegal.

Dilansir dari kantor berita AFP, Rabu (19/1/2022), para pejabat Malaysia mengatakan jasad keenam wanita WNI tersebut ditemukan pada Selasa (18/1/2022) sore setelah kapal yang membawa 13 WNI tersebut mengalami masalah di perairan negara bagian Johor, Malaysia. Disebutkan bahwa para penumpang merupakan warga Indonesia tidak berdokumen yang berangkat dari pulau Batam.

Pejabat senior penjaga pantai Malaysia, Nurul Hizam Zakaria mengatakan dalam sebuah pernyataan, bahwa para nelayan melaporkan insiden tersebut setelah menemukan enam orang yang selamat tidak jauh dari pantai.

Pihak berwenang dan para nelayan kemudian menemukan korban selamat lainnya dan enam wanita yang tenggelam tersebut. Operasi pencarian kemudian dibatalkan sebelum pukul 16:00 hari Selasa (18/1) waktu setempat.

Nurul Hizam membenarkan bahwa dua pengurus kapal, yang juga ikut di dalam kapal, telah diserahkan ke polisi atas dugaan penyelundupan manusia.

Insiden itu terjadi sebulan setelah 21 migran Indonesia kehilangan nyawa setelah kapal mereka terbalik di perairan Johor. Kapal yang diyakini membawa 50 orang pendatang ilegal itu dilaporkan terbalik di Tanjung Balau, Johor pada Rabu 15 Desember 2021 pukul 04.30 pagi waktu setempat

Warga Indonesia yang mencari pekerjaan terkadang mencoba memasuki negara tetangga Malaysia secara ilegal melalui penyeberangan laut yang berisiko. Kecelakaan terkadang terjadi karena cuaca buruk.

Malaysia yang relatif makmur adalah rumah bagi jutaan migran dari bagian Asia yang lebih miskin, banyak dari mereka tidak berdokumen, dan mereka bekerja di berbagai industri termasuk konstruksi dan pertanian.(det/js)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *