21 Mei 2022

Mengulang Kaji

145 Pengunjung

Allah SWT berfirman:

اَقِمِ الصَّلٰوةَ لِدُلُوْكِ الشَّمْسِ اِلٰى غَسَقِ الَّيْلِ وَقُرْاٰنَ الْـفَجْرِ ۗ اِنَّ قُرْاٰنَ الْـفَجْرِ كَانَ مَشْهُوْدًا

Artinya :
“Laksanakanlah sholat sejak matahari tergelincir sampai gelapnya malam dan (laksanakan pula sholat) subuh. Sungguh, sholat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).” (QS. Al-Isra’ 17: 78)

Dari hasil survei para peneliti Universitas Toronto Kanada kepada 700 orang berusia 19-79 tahun menemukan orang-orang yang bangun pagi memiliki perasaan bahagia dan level kesehatan yang lebih baik dibandingkan orang-orang yang sering begadang.

Bahagia di sini bukan berarti merasa senang dalam waktu 15 menit setelah bangun subuh, melainkan membuat suasana hati seseorang lebih bahagia secara umum setiap hari.

Pada penelitian lain yang dilakukan oleh profesor biologi di University of Education di Heidelberg menemukan bahwa orang yang bangun lebih pagi memiliki energi yang lebih banyak.

Dokter Mukri Nasution Ketua BSMI cabang Wamena, menjelaskan, di dalam tubuh manusia ada beberapa organ yang bekerja tanpa komando dari otak. “Ada bagian yang bekerja tanpa perintah dari otak,” ungkap Mukri.

Mukri mengungkapkan, irama sirkadian tubuh manusia mulai terjadi pada pukul tiga dini hari dikarenakan adanya peningkatan adrenalin, hal itulah yang menyebabkan pembuluh darah menyempit. Sehingga aliran darah dan pasokan oksigen ke otak juga berkurang.

Allah SWT berfirman:

فَسُبْحٰنَ اللّٰهِ حِيْنَ تُمْسُوْنَ وَحِيْنَ تُصْبِحُوْنَ

Artinya :
“Maka bertasbihlah kepada Allah pada petang hari dan pada pagi hari (waktu subuh),” (QS. Ar-Rum 30: 17)

Dr. Mukri menyatakan, peningkatan adrenalin juga menyebabkan timbulnya trombus (gumpalan) dalam pembuluh darah, kondisi tersebut dapat menyebabkan gangguan pada sistem kardiovaskuler.

Menurutnya, pada saat melakukan gerakan-gerakan shalat, zat tersebut dapat membuat pembuluh darah melebar. Sehingga, oksigen ke otak bertambah, dan mampu memecah trombus pada pembuluh darah.

Sesungguhnya sholat shubuh menorehkan nikmat yang luar biasa bagi orang-orang yang melaksanakannya secara berjamaah di masjid.

Sebuah kenikmatan hidup yang tidak bisa dibeli dengan uang manapun, karena kenikmatan itu berasal dari Allah langsung kepada para hamba-Nya yang taat menjalankan perintah-perintah-Nya. Orang yang shalat Subuh akan mendapat cahaya terang di hari Kiamat.

Sabda Rasulullah SAW:

قال صلى الله عليه وسلم: بشر المشائين في الظلم إلى المساجد بالنور التام يوم القيامة رواه الترمذي وا بن ماجه

Artinya :
Rasulullah SAW bersabda, ”Berikan kabar gembira kepada orang-orang yang berjalan kaki di kegelapan malam menuju masjid, bahwa mereka akan mendapatkan cahaya terang yang sempurna di hari kiamat”. (HR Tirmizy dan Ibnu Majah)

Sesungguhnya fadhilah shalat shubuh, yakni Allah SWT memelihara diri setiap muslim.

Sabda Rasulullah SAW :

عن أبي ذر رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم:من صلى الصبح فهو في ذمة الله رواه مسلم.

Artinya :
Rasulullah SAW bersabda, ”Orang yang melakukan shalat shubuh, maka dia berada di dalam perlindungan Allah”. (HR Muslim)

Shalat Shubuh disaksikan oleh Malaikat malam dan Malaikat siang.

رَوَى التِّرْمِذِيّ عَنْ أَبِي هُرَيْرَة عَنْ النَّبِيّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي قَوْله, ” وَقُرْآن الْفَجْر إِنَّ قُرْآن الْفَجْر كَانَ مَشْهُودًا ” قَالَ: تَشْهَدهُ مَلَائِكَة اللَّيْل وَمَلَائِكَة النَّهَار هَذَا حَدِيث حَسَن صَحِيح.

Artinya :
Abu Hurairah radhiyallahi’anhu meriwayatkan dari nabi SAW tentang ayat [wa quraanal fajri inna quraanal fajri kaana masyhuda]: Shalat shubuh itu disaksikan oleh malaikat malam dan malaikat siang”. (HR Imam At-Tirmizy)

Shalat Subuh memang shalat wajib yang paling sedikit jumlah raka’atnya; hanya dua rekaat. Namun, ia menjadi standar keimanan seseorang dan ujian terhadap kejujuran, karena waktunya sangat sempit (sampai matahari terbit)

Semoga Allah SWT menolong kita dengan karunia-Nya sehingga kita mampu bersegera hadir berjamaah memakmurkan masjid setiap hari menyongsong keberqahan subuh. (r/TI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *