21 Mei 2022

Puskesmas Rengas Pulau Diserbu Warga untuk Vaksinasi

141 Pengunjung

Medan-Rentaknews.com.Warga Marelan dan sekitarnya menyerbu Puskesmas Rengas vaksinasi. Disebut, karena semakin tingginya kesadaran masyarakat akan pentingnya vaksinasi untuk Herd Immunity (kekebalan kelompok).

Kegiatan ini rutin dilakukan Puskesmas Rengas Pulau di Jalan Marelan 5 Pasar 2 Barat Kelurahan Rengas Pulau Kecamatan Medan Marelan, seperti halnya pada hari Kamis (27/1/22).

Warga dari jam 08.00 wib sudah mengantri di Puskesmas untuk mendapatkan pelayanan vaksinasi.

Wati (45) warga lingkungan 3 Rengas Pulau menyatakan, awalnya saya takut divaksin, karena kawan-kawan sudah vaksin semua dan nggak ada yang bermasalah, saya jadi berani. Lagian sekarang katanya Omicron sedang masuk ke Indonesia. Jadi saya harus waspada dari hal itu, “ujarnya singkat.

Lain lagi dengan Putra (21) tahun. “Saya sekarang vaksin kedua. Kebetulan ada panggilan kerja di Jakarta dan diterima kerja di sana. Syaratnya harus sudah vaksin I dan II, makanya saya harus vaksin dan kebetulan sudah waktunya vaksin ke dua,” ujarnya menjelaskan

Ada juga beberapa warga yang gagal vaksin karena ketika diperiksa kesehatannya oleh tenaga kesehatan, tidak memungkinkan untuk melaksanakan vaksin.

“Nggak jadi vaksin dek, darah tinggi lagi kumat, “ujar pria tua berlalu pergi. Begitu juga seorang ibu yang mengalami panas tinggi, batal melakukan vaksin. Ada pula jadwal vaksin ke dua terlalu cepat datangnya dari jadwal yang ditentukan.

“Saya terpaksa nggak jadi dek, kirain bisa dimajukan karena rencana mau keluar kota,” ujarnya singkat ketika ditanya awak media.

Menurut keterangan dokter Risma, pada hari ini vaksin yang tersedia cuma 2 jenis yaitu Sinovac dan Pfizer. Sedangkan untuk Booster belum dilaksanakan karena belum ada instruksi terkait untuk dilaksanakan sekarang ini.

“Kami pun belum tahu kapan mulai dilaksanakan Booster untuk vaksin penguat. Vaksin yang tersedia sebanyak 250 terdiri Sinovac 150 pcs dan 100 Pfizer. Vaksinasi ini berlaku untuk vaksin tahap I dan tahap II tergantung kemauan dan ketentuan yang berlaku,” jelas Risma

Menjelang jam 12.00 wib, warga sudah mulai berkurang. Antrian tidak sepadat 2 jam lalu yang penuh. Meski demikian, warga yang belum vaksin masih berdatangan satu per satu.

Rencananya untuk vaksinasi tahap I dan tahap II berakhir sampai bulan April 2022. Sedangkan kegiatan vaksinasi anak terus berlangsung. Sebagian nakes Puskesmas Rengas Pulau melakukan vaksin di sekolah-sekolah Dasar yang sudah terjadwal dari Dinas Kesehatan. (r/Rudi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *