21 Mei 2022

Dari Masjid Ummat Bangkit untuk Maksimalkan Fungsi Masjid

136 Pengunjung

Medan, Rentaknews.com – Komunitas Sahabat Hijrahkuu yang berkolaborasi dengan Masjid Alfalaah mengadakan progam yang bernama ‘Dari Masjid Ummat Bangkit’ selama 2 hari, 29-30 Januari 2022 di Jalan Alfalaah Raya, Medan.

Progam ini dilakukan untuk pembinaan terhadap masyarakat dengan berbagai macam kegiatan yang bertujuan untuk memaksimalkan fungsi masjid serta mengajak masyarakat meramaikan masjid.

Kegiatan-kegiatan dalam progam ini diantaranya sunatan massal, bekam gratis, cek kesehatan gratis, donor darah, kajian dakwah, talkshow, makan bersama, dan masih banyak yang lainnya.

Tidak hanya itu, progam Dari Masjid Ummat Bangkit ini menghadirkan pasar raya gratis untuk para mustahik, karena mereka kurang diperhatikan serta diperdulikan dan para muzaki yang siap untuk memberi dan membagi dengan para tetangganya.

Antusiasme Masyarakat

Ahmad Kamal atau yang lebih sering dipanggil Kamalkhan Lubis selaku pendiri Komunitas Sahabat Hijrahkuu mengungkapkan antusias masyarakat terhadap progam ini sangat luar biasa.

“Yang antusias itu bukan dari masyarakat sekitar Masjid Alfalaah saja, tetapi juga masyarakat jauh dari luar datang kemari untuk meramaikan kegiatan-kegiatan yang sedang berlangsung di masjid ini,” ungkapnya.

Walaupun ada respon positif dan respon negatif, Kamalkhan mengatakan hanya mengambil hal-hal yang positif saja agar bisa fokus untuk menjalankan progam ini.

“Kalau ada yang tidak sepakat dengan progam ini, kita hanya menganggapnya sebagai ujian atau kerikil-kerikil untuk perjuangan dakwah,” katanya.

Dengan adanya progam ini, Masjid Alfalaah bisa menjadi masjid percontohan untuk memaksimalkan fungsi masjid, karena di Pulau Jawa sudah banyak yang melakukan progam seperti ini, sedangkan di Kota Medan bisa dikatakan belum ada.

Kamalkhan menghimbau agar gerakan anak-anak muda bisa ketularan dan bekerjasama dengan masjidnya agar bisa menciptakan progam seperti ini.

“Karena golongan muda dan golongan tua harus kolaborasi, sebab fungsi masjid itu tidak hanya sebatas salat,” himbaunya.

Tak Ada Respon Dari Pemerintah

Kamalkhan mengaku sudah berusaha mendekati pemerintah dan sudah menyampaikan tentang misi progam tersebut kepada beberapa pimpinan yang terkait.

“Sejauh ini belum ada respon, tetapi kita tidak terlalu berharap besar karena jangan sampai kita bergerak atas adanya perhatian dari mereka,” jelasnya.

Ia juga mengatakan yang terpenting itu dakwah ini tidak dihalang-halangi dan progam yang dijalankan bisa bermanfaat bagi para jemaah.

“Kalau banyak manfaatnya kita teruskan, tetapi kalau banyak mudaratnya kita belajar mengevaluasi progam tersebut,” katanya.

Kamalkhan berharap masyarakat sadar untuk kemakmuran masjid dan menjadi bagian dari dakwah tersebut.

“Mari kita ramaikan masjid, karena disana kita bisa belajar, bersilaturahmi, dan disana kita bisa berbagi,” harapnya.

Reporter : Zaim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *